Strategi Komunikasi Pemasaran Personal Selling Melalui Konselor sebagai Bentuk Promosi RSIA Bunda Jakarta.

Putri, Tania Salshabilla (2025) Strategi Komunikasi Pemasaran Personal Selling Melalui Konselor sebagai Bentuk Promosi RSIA Bunda Jakarta. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00 COVER.pdf - Accepted Version

Download (474kB)
[thumbnail of BAB I - BAB III] Text (BAB I - BAB III)
01 BAB I BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (583kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (20kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (20kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05 LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (509kB)

Abstract

Melakukan terobosan terhadap bisnis supaya terus relevan di tengah dinamika kompetisi yang sengit merupakan upaya penting, salah satunya pada industri kesehatan. RSIA Bunda Jakarta saat ini mengimplementasikan berbagai strategi pemasaran sebagai bentuk promosi, sehingga dapat membangun kepercayaan pasien yang merupakan unsur esensial dalam pengambilan keputusan fasilitas kesehatan. Strategi komunikasi pemasaran personal selling melalui tenaga pemasaran yaitu konselor adalah salah satu tindakan untuk mempromosikan RSIA Bunda Jakarta. Maka dari itu, personal selling melalui konselor memiliki peran strategis dalam membangun pendekatan secara langsung sehingga terbentuk hubungan yang lebih erat dengan pasien, juga meningkatkan minat, reputasi positif, dan komitmen pasien terhadap rumah sakit. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi pemasaran personal selling melalui konselor sebagai bentuk promosi RSIA Bunda Jakarta, lalu menggunakan teori personal selling yaitu The SixSteps dan didukung dengan teori pelengkap AIDA. Serta mengaplikasikan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diambil melalui wawancara mendalam dengan konselor sebagai pihak yang menjalankan langsung pemasaran, pasien sebagai subjek yang terpapar promosi, dan observasi terhadap kegiatan promosi yang dilakukan oleh konselor. Dapat disimpulkan dalam penelitian ini, personal selling melalui konselor merupakan strategi pemasaran yang signifikan dalam mempromosikan, meningkatkan kepercayaan, dan kepuasan pasien di RSIA Bunda Jakarta.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Pemasaran, Personal selling, Konselor, Promosi rumah sakit.
Subjects: Communication Science > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Tania Salshabilla Putri
Date Deposited: 20 Aug 2025 04:45
Last Modified: 20 Aug 2025 04:45
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11818

Actions (login required)

View Item View Item