Sari, Ummy Purnama (2021) Analisis Dampak Penggunaan ChatGPT terhadap Mahasiswa dan Dosen Manajemen Universitas Bakrie dengan Pendekatan Grounded Theory. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
![]() |
Text (Cover)
(00. Cover.pdf).pdf - Accepted Version Download (427kB) |
![]() |
Text (BAB I-III)
(01. BAB I-III.pdf).pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (324kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
(02. BAB IV.pdf).pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (741kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
(03. BAB V.pdf).pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (152kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
(04. Daftar Pustaka.pdf).pdf - Accepted Version Download (203kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
(05. Lampiran.pdf).pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (466kB) | Request a copy |
Abstract
Pesatnya perkembangan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) membawa dampak signifikan dalam dunia pendidikan tinggi, khususnya melalui pemanfaatan ChatGPT oleh mahasiswa dan dosen. Fenomena ini menimbulkan pertanyaan terkait sejauh mana penggunaan ChatGPT memengaruhi produktivitas akademik, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa, serta bagaimana dosen merespons perubahan pola belajar tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan ChatGPT terhadap mahasiswa dan dosen Program Studi Manajemen Universitas Bakrie dengan pendekatan kualitatif Grounded Theory. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam terhadap 10 mahasiswa dan 3 dosen, yang dianalisis melalui proses coding, category dan themes. Hasil penelitian menemukan lima tema utama yang terbentuk dari data, yaitu Efek Psikologis, Deep Learning, Learning Efficiency, Kreativitas, dan Learning Culture, dengan Efek Psikologis sebagai tema dominan. Mahasiswa cenderung mengalami ketergantungan AI dan digital dependency, yang berdampak pada kemunduran daya pikir, kemalasan intelektual, serta penurunan orisinalitas karya. Sementara itu, dosen merespons perubahan ini dengan upaya penyesuaian metode ajar dan penguatan etika akademik. Temuan ini diperoleh melalui triangulasi antara sudut pandang mahasiswa sebagai pengguna aktif dan dosen sebagai evaluator akademik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan ChatGPT memberikan dampak nyata terhadap pola belajar dan interaksi akademik, serta menuntut adanya adaptasi pedagogis dari dosen. Disarankan agar institusi pendidikan mengedukasi mahasiswa untuk menggunakan AI secara bijak dan kritis, serta memperkuat literasi digital demi menjaga integritas akademik di era kecerdasan buatan.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ChatGPT, Artificial Intelligence, Mahasiswa, Dosen, Grounded Theory, Efek Psikologis |
Subjects: | Management > Human Resource Management Management Research Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Ummy Purnama Sari |
Date Deposited: | 28 Aug 2025 01:16 |
Last Modified: | 28 Aug 2025 01:16 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11958 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |