ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA PENJUALAN KREDIT GUNA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PADA PT. JEJE HARAPAN TRANSINDO

Rumambi, Audrey Elfira (2025) ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA PENJUALAN KREDIT GUNA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PADA PT. JEJE HARAPAN TRANSINDO. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of 00. COVER] Text (00. COVER)
00. Cover.pdf - Accepted Version

Download (528kB)
[thumbnail of 01. BAB I-III] Text (01. BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[thumbnail of 02. BAB IV] Text (02. BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of 03. BAB V] Text (03. BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (84kB) | Request a copy
[thumbnail of 04. BAB Daftar Pustaka] Text (04. BAB Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (108kB)
[thumbnail of 05. Lampiran] Text (05. Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis sistem akuntansi penjualan kredit dan juga pengendalian internal pada PT Jeje Harapan Transindo. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu melakukan analisis deskriptif sistem akuntansi penjualan dan pengendalian internal, menarik kesimpulan hasil analisis dan memberikan saran. Berdasarkan hasil dari analisis dapat disimpulkan bahwa sistem akuntansi dan pengendalian internal penjualan kredit pada PT Jeje Harapan Transindo masih belum sesuai dengan unsur - unsur yang ada pada sistem akuntansi dan pengendalian internal. Masih kerap terjadi ketidaksesuaian pembayaran dikarenakan pengendalian internal yang kurang memadai yaitu terlambatnya bagian penagihan untuk menagih para pelanggan yang sudah mendekati tenggat waktu pembayaran mengakibatkan pelanggan membayar tagihan melebihi tenggat waktu yang sudah di sepakati diawal. Bagian penjualan juga tidak mengawasi riwayat kredit calon pelanggan sebelum menerima order baru dan tidak ada yang memberikan kredit limit pada setiap pelanggan, dalam implementasinya perusahaan perlu memberikan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang jelas terkait pemisahan tanggung jawab bagian penagihan dan bagian penjualan, agar piutang usaha perusahaan dapat terkontrol dengan baik.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Penjualan Kredit, Sistem Informasi Akuntansi, dan Pengendalian Internal, Standar Operasional Prosedur, Piutang Usaha
Subjects: Finance > Finance Management > Business Finance
Finance > Finance Management
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Audrey Elfira
Date Deposited: 10 Sep 2025 02:42
Last Modified: 10 Sep 2025 02:42
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/12237

Actions (login required)

View Item View Item