ANALISIS PENGARUH BEBAN LALU LINTAS TERHADAP STABILITAS DIAPHRAGM WALL STUDI KASUS: PROYEK PEMBANGUNAN BASEMENT HOTEL OAKWOOD SLIPI

Budiheri, Eunike Yunita (2025) ANALISIS PENGARUH BEBAN LALU LINTAS TERHADAP STABILITAS DIAPHRAGM WALL STUDI KASUS: PROYEK PEMBANGUNAN BASEMENT HOTEL OAKWOOD SLIPI. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of 00. Cover] Text (00. Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version

Download (547kB)
[thumbnail of 01. BAB I-III] Text (01. BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of 02. BAB IV] Text (02. BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of 03. BAB V] Text (03. BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[thumbnail of 04. DAFTAR PUSTAKA] Text (04. DAFTAR PUSTAKA)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (219kB)
[thumbnail of 05. LAMPIRAN] Text (05. LAMPIRAN)
05. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy

Abstract

Pembangunan Basement Hotel Oakwood Slipi memiliki risiko keruntuhan tanah di sekitar wilayah galian sehingga diperlukan struktur penahan tanah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh beban lalu lintas terhadap stabilitas serta defleksi diaphragm wall pada Proyek Pembangunan Basement Hotel Oakwood Slipi. Analisis tersebut dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak PLAXIS 2D berbasis metode elemen hingga (finite element method, FEM). Hasil perhitungan menunjukkan bahwa adanya diaphragm wall pada proses konstruksi dapat mencegah keruntuhan pada pekerjaan konstruksi basement. Diaphragm wall mampu menahan tekanan tanah lateral sehingga menghasilkan nilai faktor keamanan sebesar 2,338 serta defleksi sebesar -32,77 mm pada beban statis dan defleksi sebesar -27,27 pada beban dinamis. Dari sisi jejak karbon, material beton 100% OPC pada pembangunan diaphragm wall menghasilkan emisi sebesar 28.986,4 kgCO2e/m3, sedangkan material beton dengan SCM berupa 10% Fly Ash menghasilkan emisi karbon sebesar 26.268,3 kgCO2e/m3 dan SCM 10% Silica Fume menghasilkan emisi karbon sebesar 26.321,7 kgCO2e/m3. Penggunaan material SCM pada campuran beton mampu mengurangiemisi karbon yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Diaphragm wall, beban lalu lintas, stabilitas, PLAXIS 2D, jejak karbon
Subjects: Civil Engineering > Foundation Engineering
Civil Engineering
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Eunike Yunita Budiheri
Date Deposited: 10 Sep 2025 01:56
Last Modified: 10 Sep 2025 01:56
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/12257

Actions (login required)

View Item View Item