PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS, USER EXPERIENCE (UX), DAN PERCEIVED RISK TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI DANA (STUDI KASUS MAHASISWA JABODETABEK)

WICAKSONO, MUHAMMAD CAHYO (2025) PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS, USER EXPERIENCE (UX), DAN PERCEIVED RISK TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI DANA (STUDI KASUS MAHASISWA JABODETABEK). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
00.cover.pdf.pdf - Accepted Version

Download (609kB)
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01.BAB I-III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (667kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02.BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03.BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (11kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
04.BAB Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (242kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05.Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perceived usefulness, tampilan antarmuka (UX), dan berbagai jenis risiko terhadap penggunaan aplikasi DANA di kalangan mahasiswa di wilayah JABODETABEK. Dengan semakin meningkatnya adopsi teknologi finansial di Indonesia, khususnya dompet digital (e-wallet), penelitian ini mencoba untuk menggali faktor-faktor psikologis dan perilaku yang memengaruhi niat mahasiswa dalam menggunakan aplikasi e-wallet. Model penelitian ini mengacu pada Technology Acceptance Model (TAM) yang dimodifikasi, di mana variabel perceived usefulness dan kualitas tampilan antarmuka pengguna (user experience) diharapkan memberikan pengaruh positif terhadap niat penggunaan aplikasi, sedangkan berbagai jenis risiko—termasuk risiko keuangan, risiko privasi data, risiko keamanan informasi, dan risiko kesalahan sistem—diprediksi memberikan pengaruh negatif. Pengumpulan data dilakukan melalui survei dengan kuesioner yang dibagikan kepada 115 mahasiswa di wilayah JABODETABEK. Analisis data menggunakan metode regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived usefulness dan kualitas UX memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan aplikasi DANA, sedangkan berbagai risiko yang dirasakan memberikan pengaruh negatif dan signifikan terhadap niat penggunaan aplikasi ini. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembang aplikasi e-wallet dalam memahami kebutuhan pengguna generasi muda serta mengurangi persepsi risiko guna meningkatkan adopsi teknologi finansial.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: perceived usefulness, UX, perceived risk, penggunaan, aplikasi DANA, e-wallet.
Subjects: Management
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Manajemen
Depositing User: Muhammad Cahyo Wicaksono
Date Deposited: 12 Sep 2025 04:34
Last Modified: 12 Sep 2025 04:34
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/12410

Actions (login required)

View Item View Item