Analisis Retorika Pada Pembentukan PersonalBranding Sandiaga Uno Sebagai Pemimpin Publik Pilkada 2017

Putri, Dianingtyas Murtanti (2017) Analisis Retorika Pada Pembentukan PersonalBranding Sandiaga Uno Sebagai Pemimpin Publik Pilkada 2017. universitas Bakrie, Jakarta. (Submitted)

[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
03. analisis retorika Sandiaga Uno dalam membentuk Personal Branding.pdf

Download (676kB) | Preview

Abstract

Retorika merupakan salah satu kunci sukses didalam suatu kampanye politik karena pada saat inilah tim sukses kampanye menggunakan kata-kata yang menarik simpati masyarakat dalam mengkomunikasikan ideologi ataupun program kerja yang mereka tawarkan sehingga nantinya mendapatkan dukungan pada saat pemilihan umum (pemilu). Sandiaga Uno yang banyak kita ketahui adalah seorang pengusaha sukses yang kini melebarkan sayapnya untuk terjun dalam dunia politik yaitu menjadi Wakil Gurbenur Jakarta. Dengan berlatar belakang sebagai pendidikan yang tinggi Sandiaga Uno memiliki Personal Branding yang terbentuk dari Retorika yang disampaikan kepada masyarakat. Penelitian ini berjudul Analisis Retorika pada Pembentukan Personal Branding Sandiaga Uno sebagai Pemimpin Publik Pilkada 2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana Analisis Retorika Pada Pembentukan Personal Branding Sandiaga Uno sebagai Pemimpin Publik Pilkada 2017 dalam rekaman video tayangan di Youtube yang berjudul “Orasi Sandiaga Uno Penetapan Nomer” . Berkaitan dengan hal tersebut peneliti menggunakan teori Retorika menurut Aristoteles yaitu ethos, pathos, logos untuk menganalisis retorika yang digunakan Sandiaga Uno, lalu diklasifikasikan dengan Delapan Konsep Dalam Personal Branding (The Eight Laws of Personal Branding) menurut Peter Montoya, 2002 untuk mengetahui pembentukan Personal Branding Sandiaga Uno. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini berfokus dari rekaman video tayangan yang diselenggarakan di Youtube yang berjudul “Orasi Sandiaga Uno Penetapan Nomer” Di Publish oleh Dudi Iskandar 25 Oktober 2016. https://www.youtube.com/watch?v=Y1wkY0hA23s&list=LLthrv0z_y4_--2h10GCuwNA . Pengambilan data maupun informasi berdasarkan sumber bacaan dan internet. Dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti, peneliti menyimpulkan bahwa Sandiaga Uno dalam Video Orasi Penetapan Nomer ini, memahami dan menerapkan elemen-elemen retorika (ethos, pathos,logos) dan Sandiaga Uno berhasil menerapkan aplikasi dari konsep elemen-elemen pembentukan personal branding yaitu Spesialisasi (The Law of Specialization), Kepemimpinan (The Law of Leadership), Kepribadian (The Law of Personality), Perbedaan (The Law of Distinctveness), The Law of Visibility, Kesatuan (The Law of Unity) sehingga membentuk sebuah personal branding sebagai pemimpin publik.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: retorika ; Personal Branding
Subjects: Marketing > Branding (Marketing)
Communication Science > Political Communication
Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengembangan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2018 06:42
Last Modified: 22 Feb 2018 02:19
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/1245

Actions (login required)

View Item View Item