Analisis Informasi Ekolabel dan Carbon Footprint pada Produk Pangan dan Minuman di Supermarket

Fauziah, Nurul (2025) Analisis Informasi Ekolabel dan Carbon Footprint pada Produk Pangan dan Minuman di Supermarket. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
COVER.pdf - Accepted Version

Download (244kB)
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
BAB I-III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (569kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (740kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (79kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (95kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (995kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan perubahan iklim akibat meningkatnya emisi gas rumah kaca mendorong perlunya kesadaran lingkungan, termasuk dalam konsumsi produk pangan dan minuman. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi informasi lingkungan pada kemasan, khususnya carbon footprint dan logo ekolabel, menghitung total carbon footprint setiap produk, serta menganalisis hubungan harga dengan carbon footprint dan keberadaan logo ekolabel. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan observasi langsung terhadap 38 varian produk pangan dan minuman di beberapa supermarket di Jakarta Timur, serta pengumpulan data sekunder dari laporan keberlanjutan produsen. Analisis data dilakukan menggunakan perangkat lunak SPSS melalui uji independent sample t-test untuk melihat perbedaan harga berdasarkan logo ekolabel, dan regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh carbon footprint dan logo ekolabel terhadap harga produk. Hasil penelitian yang didukumg oleh uji statistik menunjukkan bahwa produk yang berlogo memiliki harga lebih tinggi. Sementara itu, total carbon footprint tidak berpengaruh signifikan terhadap harga. Penelitian ini menyimpulkan bahwa logo ekolabel dapat menjadi faktor yang memengaruhi harga, sedangkan carbon footprint belum menunjukkan pengaruh kuat, serta merekomendasikan penambahan jumlah sampel dan variabel seperti biaya produksi dan strategi distribusi pada penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Carbon Footprint, Ekolabel, Harga Produk, Emisi GRK, Supermarket.
Subjects: Environmental Science and Technology > Environmental Regulations and Laws
Environmental Science and Technology > Industrial Environment
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Lingkungan
Depositing User: Nurul Fauziah
Date Deposited: 16 Sep 2025 04:34
Last Modified: 16 Sep 2025 04:34
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/12499

Actions (login required)

View Item View Item