Rencana Bisnis 'Brunie Bite & Brew'

Siregar, Zidan Pandya Ibrahim (2025) Rencana Bisnis 'Brunie Bite & Brew'. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version

Download (945kB)
[thumbnail of BAB I - BAB III] Text (BAB I - BAB III)
01. BAB I - BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (576kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (529kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menguji kelayakan rencana bisnis Brunie Bite & Brew, sebuah specialty dessert outlet yang berfokus pada brownies berbasis resep keluarga dengan konsep takeaway dan dine-in terbatas. Kajian difokuskan pada dua aspek utama, yaitu diferensiasi model bisnis untuk membedakan dari pesaing melalui pengalaman emosional konsumen dan inovasi produk, serta analisis kelayakan finansial usaha. Data diperoleh melalui observasi pasar, blind test terhadap 20 responden yang membandingkan Brunie dengan tiga merek brownies ternama dan data sekunder dari berbagai sumber industri kuliner. Hasil blind test menunjukkan 70% responden memilih produk Brunie sebagai favorit, unggul pada aspek rasa, tekstur dan kesan personal. Analisis finansial menggunakan indikator NPV, IRR dan Payback Period menunjukkan bahwa bisnis layak dijalankan, dengan NPV sebesar Rp152.738.530 (positif). IRR sebesar 52.90% (jauh tinggi dari tingkat diskonto) dan payback period selama 2 tahun 4 bulan 24 hari. Meskipun proyeksi tahun pertama menunjukkan kerugian, pertumbuhan laba pada tahun kedua dan ketiga mengindikasikan potensi keberlanjutan usaha. Temuan ini merekomendasikan pengembangan varian produk, optimalisasi produksi, penguatan branding emosional, serta pengurusan sertifikasi halal dan izin edar untuk memperluas pasar.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Rencana bisnis, brownies, takeaway, blind test, kelayakan finansial
Subjects: Business
Management > Business Plan > Business
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Manajemen
Depositing User: Zidan Pandya Ibrahim Siregar
Date Deposited: 19 Sep 2025 07:49
Last Modified: 19 Sep 2025 07:49
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/12761

Actions (login required)

View Item View Item