ANALISIS SEGMENTASI RFM (RECENCY FREQUENCY MONETARY) UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN ONLINE (STUDI KASUS PT MMT)

Ibrahim, Gilang Kharisma Ramadhan (2025) ANALISIS SEGMENTASI RFM (RECENCY FREQUENCY MONETARY) UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN ONLINE (STUDI KASUS PT MMT). Tesis (S2) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00.Cover.pdf - Accepted Version

Download (292kB)
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (638kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (179kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pada era globalisasi saat ini perusahaan harus mampu berdaya saing tinggi dan meningkatkan standar kinerja mereka dalam menghadapi tingkat persaingan bisnis khususnya di Indonesia. PT MMT telah memanfaatkan media digital terkhusus instagram untuk mempromosikan jasanya. Pemilik travel telah mengamati peningkatan keterlibatan pelanggan sejak mengadopsi media online seperti instagram dan website. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada fenomena menurunnya jumlah jamaah umrah selama enam bulan terakhir tahun 2024, sehingga diperlukan pendekatan pemasaran berbasis data untuk meningkatkan retensi pelanggan dan memperluas akuisisi pasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis segmentasi pelanggan PT MMT menggunakan metode RFM (Recency, Frequency, Monetary) dalam rangka menentukan strategi pemasaran online yang efektif pada industri perjalanan umrah..Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan total populasi 861 transaksi. Data sekunder diperoleh dari laporan penjualan PT MMT dan catatan pemasaran digital. Teknik analisis menggunakan RFM Scoring untuk mengelompokkan pelanggan ke dalam beberapa segmen, yaitu VIP, Loyal, Potential VIP, New Potential, At Risk, dan Lost Gold. Hasil penelitian, strategi pemasaran online akan ditujukan pada segmen Potential VIP dan New Potential penerapan analisis RFM mampu membantu PT MMT memahami kebutuhan pelanggan secara lebih mendalam dan merumuskan strategi pemasaran online yang tepat sasaran. Kata Kunci: Segmentasi RFM, Strategi Pemasaran Online

Item Type: Thesis (Tesis (S2) - )
Uncontrolled Keywords: Segmentasi RFM, Strategi Pemasaran Online
Subjects: Marketing > Customer Relations Management (CRM)
Thesis > Thesis (S2)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Management
Depositing User: Gilang Kharisma Ramadhan Ibrahim
Date Deposited: 21 Oct 2025 04:01
Last Modified: 21 Oct 2025 04:01
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/12827

Actions (login required)

View Item View Item