Analisis Persepsi Konsumen Pada Konten Overclaim Skincare Melalui Media Sosial TikTok @DokterDetektif

Alyaa, Salsabilla (2025) Analisis Persepsi Konsumen Pada Konten Overclaim Skincare Melalui Media Sosial TikTok @DokterDetektif. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of OO Cover] Text (OO Cover)
00. Cover (5).pdf

Download (390kB)
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (726kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (895kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
04. Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (629kB) | Request a copy

Abstract

Dokter Detektif merupakan salah satu content creator yang terkenal dengan pembahasan konten edukasi terkait informasi seputar skincare dan memiliki banyak pengikut di media Sosial TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi konsumen dengan didasari oleh dua aspek konsep teori persepsi menurut Prof. Jalaludiin Rakhmat (Faktor Fungsional dan Faktor Struktural) serta mencangkup keenam fitur TikTok (Personalized Feed, Hashtag, Editing Tools, Duet and Collaboration, Live Streaming, dan Music Integration) terhadap konten overclaim skincare yang dibuat oleh dokter detektif pada akun TikTok @dokterdetektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Peneliti memilih metode ini, dikarenakan studi kasus memungkinkan peneliti untuk dapat melakukan pencarian informasi lebih dalam tentang suatu kasus atau objek tertentu sesuai konteks aslinya. Kasus yang diambil dalam penelitian ini yaitu terkait konten overclaim skincare dari merek The Originote dan Merek SS Skin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi konsumen terhadap konten overclaim produk skincare dari merek The Originote dan SS Skin di akun TikTok @dokterdetektif dipengaruhi oleh dua faktor utama menurut konsep teori persepsi Prof. Jalaluddin Rakhmat (2018), yaitu faktor fungsional dan struktural. Faktor fungsional terlihat dari pengalaman langsung konsumen yang merasa kecewa karena klaim produk tidak sesuai dengan kenyataan, sehingga membentuk persepsi negatif dan rasa kehati-hatian konsumen dalam memilih produk skincare merek tersebut. Sedangkan faktor struktural muncul dari persepsi konsumen terhadap situasi dan stimulus lingkungan, seperti konten live streaming yang menampilkan konflik antara pihak-pihak terkait, yang memengaruhi citra merek secara negatif.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Konten Review, Overclaim Skincare, Dokter Detektif, Persepsi Konsumen.
Subjects: Communication Science
Communication Science > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Alyaa Salsabilla
Date Deposited: 17 Nov 2025 06:34
Last Modified: 17 Nov 2025 06:34
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/12884

Actions (login required)

View Item View Item