PERAN MEDIA SOSIAL TIK TOK DALAM PEMBENTUKAN PREFERENSI MENONTON SERIAL DRAMA KOREA MELALUI ELECTRONIC WORD OF MOUTH

Ananda, Daffa (2025) PERAN MEDIA SOSIAL TIK TOK DALAM PEMBENTUKAN PREFERENSI MENONTON SERIAL DRAMA KOREA MELALUI ELECTRONIC WORD OF MOUTH. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Text (Cover).pdf - Accepted Version

Download (904kB)
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
Text (BAB I-III).pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
Text (BAB IV).pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
Text (BAB V).pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Text (Daftar Pustaka).pdf - Accepted Version

Download (106kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Text (Lampiran).pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian di berdasarkan dengan meningkatnya popularitas serial drama Korea di kalangan masyarakat Indonesia, salah satunya didorongnya oleh media sosial TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Electric Word of Mouth di TikTok berperan dalam membentuk preferensi tontonan serial drama Korea. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Studi Kasus. Pengumpulan data melalui wawancara terhadap informan yang menonton serial drama Korea, serta seorang konten kreator yang kontennya membahas serial drama Korea, dan triangulasi dalam penulisan ini merupakan ahli dalam digital branding yang paham dengan media sosial TikTok dan EWOM. Analisis dilakukan dengan dimensi EWOM yaitu intensitas, valensi opini, konten. Hasil Penelitian ini bahwa plot dalam serial drama Korea yang diminati. Plot serial drama korea dengan mengandung rasa emosional, konflik cerita, alur cerita yang tak terduga, serta ending yang menggantung dapat mempertahankan menonton serial drama Korea. Selain itu Electronic Word of Mouth di TikTok memiliki peran penting dalam preferensi menonton. Faktor intensitas terlihat dari banyaknya paparan dan interaksi pengguna terhadap konten drama Korea yang muncul di For You Page (FYP). Semakin sering pengguna menonton, mencari, menyukai, mengomentari, menyimpan, dan membagikan video, semakin besar rasa penasaran mereka untuk menonton serial drama Korea tersebut. Faktor valensi opini menunjukkan bahwa ulasan positif mampu mendorong minat dan rasa penasaran audiens, sedangkan ulasan negatif dapat menurunkan minat menonton menonton, bahkan sampai membatalkan menonton. Secara teoritis peneitian ini juga memperkaya dan memperluas dalam pengetahuan EWOM, TikTok dan serial drama Korea.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: EWOM, Prefrensi Menonton, Serial Drama Korea, Media Sosial, TikTok, Gelombang Korea
Subjects: Customer Behavior
Communication Science > Digital Communication
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: DAFFA ANANDA
Date Deposited: 18 Nov 2025 00:52
Last Modified: 18 Nov 2025 00:52
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/12892

Actions (login required)

View Item View Item