Ananda, Widya (2018) ANALISIS SIKAP KHALAYAK MENGENAI PENGGUNAAN ATRIBUT HALAL SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN (Studi Kasus Pada Deterjen TOTAL Almeera). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
Preview |
Text (pdf)
00 Cover.pdf - Submitted Version Download (1MB) | Preview |
Text (pdf)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (323kB) |
|
Text (pdf)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (328kB) |
|
Text (pdf)
03 BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (38kB) |
|
Preview |
Text (pdf)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (42kB) | Preview |
Text (pdf)
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (76kB) |
Abstract
TOTAL Almeera merupakan deterjen line extention dari deterjen TOTAL. TOTAL Almeera membuat suatu inovasi pada pesan komunikasi, pesan komunikasi tersebut yang menjadi diferensiasi produk TOTAL Almeera dengan kompetitor. Pesan komunikasi yang disampaikan oleh TOTAL Almeera adalah deterjen halal pertama di Indonesia. Pesan komunikasi halal ini telah banyak digunakan oleh pelaku bisnis untuk memenangkan persaingan bisnis, hal ini dibuktikan dengan pelaku bisnis yang mengusung konsep halal selama 5 tahun terakhir mencapai 40% dari berbagai bidang industri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana atribut halal membentuk sikap khalayak serta bagaimana sikap khalayak dalam menanggapi fenomena penggunaan atribut halal sebagai strategi komunikasi pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus dengan desain penelitian single case-single level. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan melakukan wawancara dan observasi kepada empat wanita muslim, yang terdiri dari pengguna, pernah menggunakan, tahu tapi tidak menggunakan, dan yang tidak tahu mengenai produk TOTAL Almeera. Hasil penelitian ini menunjukkan sikap khalayak mengenai penggunaan atribut halal pada TOTAL Almeera cukup baik dan lebih merujuk pada komponen afektif. Hal ini disebabkan karena atribut halal merupakan atribut produk tidak berwujud di mana lebih mengenai emosional sehingga keuntungannya tidak dirasakan secara lansgung atau keuntungan secara psikologikal. Tetapi secara individual, sikap setiap individu dapat berbeda-berda dan akan memengaruhi individu untuk melakukan pembelian pada TOTAL Almeera.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | atribut produk, halal, strategi komunikasi pemasaran, sikap |
Subjects: | Communication Science > Marketing Communications Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Widya Ananda |
Date Deposited: | 27 Feb 2018 09:56 |
Last Modified: | 27 Feb 2018 09:56 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/1362 |
Actions (login required)
View Item |