ANALISIS KONTEN KREATIF YOUTUBE PIJARU PERIODE MEI – JUNI 2018 BERDASARKAN PERSPEKTIF TEORI KOMODITAS ADORNO

Gumelar, Giraldy (2018) ANALISIS KONTEN KREATIF YOUTUBE PIJARU PERIODE MEI – JUNI 2018 BERDASARKAN PERSPEKTIF TEORI KOMODITAS ADORNO. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of PDF]
Preview
Text (PDF)
00 cover.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of PDF] Text (PDF)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[thumbnail of PDF] Text (PDF)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[thumbnail of PDF] Text (PDF)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[thumbnail of PDF]
Preview
Text (PDF)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of PDF] Text (PDF)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (77kB)

Abstract

Perkembangan komunikasi dan informasi saat ini membawa dampak yang sangat besar. Perkembangan komunikasi tersebut disebabkan karena perkembangan teknologi saat ini. Dengan perkembangan teknologi yang pesat maka masyarakat memaksimalkan teknologi dengan baik, seperti mengakses informasi. Kehadiran Youtube merupakan wadah untuk menciptakan karya seni dalam bentuk audio dan video. Seperti Pijaru yang merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di industri kreatif, seperti Youtuber yang membuat konten kreatif pada sosial media seperti Youtube. Adorno sebagai pengemuka teori komoditas, menjelaskan bahwa produk-produk budaya adalah komoditas. Dalam penelitian ini penulis menjadikan Pijaru sebagai objek penelitian. Pijaru memproduksi konten kreatif seperti Interview HRD, Taste This, dan sebagainya. Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui komoditas yang terdapat dalam konten kreatif Pijaru. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif Deskriptif dengan metode pengumpulan data dilakukan melalui Indepth Interview dan hasil penelitian ini menunjukan bahwa konten kreatif yang memiliki fungsi media bersifat Informasi, Edukasi dan Menghibur merupakan tuntutan dari Pijaru untuk audience dan pada akhir mei 2018 konten kreatif Pijaru diberhentikan dan tidak diproduksi kembali.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Pijaru, Komoditas Adorno, Konten-Konten Kreatif, Youtube, Fungsi Media
Subjects: Communication Science
Customer Satisfaction
Communication Science > Mass Media
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Giraldy Gumelar
Date Deposited: 23 Aug 2018 06:31
Last Modified: 23 Aug 2018 06:31
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/1576

Actions (login required)

View Item View Item