ANALISIS SISTEM PELAYANAN OPERASI BANDAR UDARA DIVISI AIRPORT OPERATION CONTROL (AOC) BANDARA INTERNASIONAL SOEKARNO – HATTA CENGKARENG DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT

Farizi, Hanif Maulana (2018) ANALISIS SISTEM PELAYANAN OPERASI BANDAR UDARA DIVISI AIRPORT OPERATION CONTROL (AOC) BANDARA INTERNASIONAL SOEKARNO – HATTA CENGKARENG DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of PDF]
Preview
Text (PDF)
00.Cover.pdf

Download (429kB) | Preview
[thumbnail of PDF] Text (PDF)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (858kB)
[thumbnail of PDF] Text (PDF)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of PDF] Text (PDF)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[thumbnail of PDF]
Preview
Text (PDF)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of PDF]
Preview
Text (PDF)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version

Download (413kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berjutuan untuk menganalisa Sistem Pelayanan Operasi Bandar udara oleh divisi Airport Operation Control (AOC) yang dilakukan pada Bandara Internasional Soekarno – Hatta Cengkareng, serta untuk mengetahui faktor – faktor yang menyebabkan permasalahan dan memberikan usulan perbaikan terhadap aliran proses sistem pelayanan bandar udara dengan menggunakan metode pendeketan Business Process Improvement (BPI). Dalam menggunakan pendekatan dengan Business Process Improvement terdapat 5 tahap untuk memperbaiki proses. Karena keterbatasan kewenangan penelitian ini hanya sampai pada tahap merancang ulang proses. Perbaikan dilakukan dengan mengidentifikasi proses yang ada sekarang (As Is) dan memetakan proses tersebut lalu dilakukan Analisa untuk mencari penyebab permasalahan dan memberikan usulan perbaikan (To Be). Dengan menggunakan pendekatan Business Process Improvement, hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 5 proses bisnis utama yang saat ini dimiliki oleh divisi AOC pada Bandara Internasional Soekarno – Hatta Cengkareng, usulan perbaikan yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan eliminasi, simplifikasi, automatisasi, dan integrasi sistem pada keseluruhan aliran proses bisnis.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Proses Bisnis, Perbaikan Proses Bisnis, Business Process Improvement, BPMN 2.0
Subjects: Business
Management > Business Plan > Business
Industrial & Manufacturing Engineering > Business Process Reengineering
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Industri
Depositing User: Hanif Maulana Farizi
Date Deposited: 31 Aug 2018 07:28
Last Modified: 31 Aug 2018 07:28
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/1870

Actions (login required)

View Item View Item