Rencana Bisnis Startup Teknologi Mobile Application Marketing

Pratama, Eryk Budi (2019) Rencana Bisnis Startup Teknologi Mobile Application Marketing. Tesis (S2) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
00 COVER.pdf - Submitted Version

Download (459kB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
01 BAB I - IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (831kB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
02 BAB V - VI.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (720kB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
03 BAB VII.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[thumbnail of 04 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (15kB) | Preview
[thumbnail of 05 LAMPIRAN.pdf] Text
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (8kB)

Abstract

Mamobi merupakan perusahaan startup di bidang teknologi yang bergerak di bidang pengembangan platform aplikasi mobile dan integrated digital marketing solution. Mamobi, dengan produk MamoDroid berusaha membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh UMKM terkait dengan pemasaran bisnis secara online atau pemanfaatan kanal digital dalam peningkatan pendapatan bisnis. Penyusunan rencana bisnis ini memiliki tujuan untuk melakukan analisis aspek pasar, aspek teknis, dan aspek keuangan dalam penyusunan rencana bisnis startup teknologi yang memiliki produk berupa platform pembuatan mobile application secara online. Berdasarkan hasil penelitian kualitatif dengan validasi triangulasi sumber, didapatkan kebutuhan UMKM atas aplikasi mobile untuk meningkatkan akuisisi pelanggan melalui media pemasaran online. Menggunakan strategi pemasaran dengan metode Segmentation, Targeting, Positioning (STP), Marketing Mix 4P, dan model bisnis dengan Business Model Canvas (BMC), diketahui bahwa Mamobi memiliki keunggulan dibandingkan kompetitor, yaitu dengan adanya fitur analytics pada produk dan jasa pendukung seperti copywriting dan program loyalitas pelanggan. Berdasarkan analisis kelayakan bisnis menggunakan metode Payback Period, Net Present Value (NPV), dan Internal Rate of Return (IRR), diketahui bahwa payback period adalah 3.26 tahun (di bawah 5 tahun), NPV bernilai positif, dan nilai IRR (28-29%) lebih besar dari MARR (10%), sehingga investasi terhadap rencana bisnis ini dinilai layak.

Item Type: Thesis (Tesis (S2) - )
Uncontrolled Keywords: aplikasi mobile, STP, NPV, IRR, BMC, marketing mix, 4P, UMKM
Subjects: Management > Business Plan
Thesis > Thesis (S2)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Management
Depositing User: Eryk Budi Pratama
Date Deposited: 01 Feb 2019 08:33
Last Modified: 01 Feb 2019 08:33
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/2130

Actions (login required)

View Item View Item