Julian, Devara Cornellita (2019) Analisis Online Customer Engagement dalam Fungsi Digital Public Relations pada Kampanye "Art in a Cup 2019" di Instagram (Studi Kasus Kampanye "Art in a Cup 2019" Starbucks di PT GTech Digital Asia). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
Preview |
Text (pdf)
00. Cover.pdf - Submitted Version Download (1MB) | Preview |
Text (pdf)
01 BAB I - III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (pdf)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (pdf)
03 BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (371kB) |
|
Preview |
Text (pdf)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (375kB) | Preview |
Text (pdf)
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (490kB) |
Abstract
Indonesia kaya akan kopinya, hal ini tidak terlepas dari usaha dan kerja keras dari para petani kopinya. Starbucks sebagai salah satu perusahaan yang peduli dengan hal tersebut ingin menunjukkan rasa terima kasihnya dengan membuat kampanye berjudul Art in a Cup. Kampanye ini bertujuan untuk menunjukkan komitmen perusahaan dengan petani kopi di Indonesia serta untuk memberikan pemahaman kepada pelanggan bahwa setiap minuman di Starbucks terbuat dari bahan-bahan terbaik. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model online customer engagement oleh Paine untuk melihat tingkat kepuasan dan loyalitas pelanggan terhadap fungsi digital public relations dalam menyampaikan konten kampanye Art in a Cup 2019 di Instagram. Metode penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konten-konten kampanye Art in a Cup 2019 di Instagram memberikan efek dan respon yang berbeda-beda pada tiap pelanggan dalam lima tahapan online customer engagement, yaitu lurking; pelanggan memberikan like pada konten, casual; pelanggan menjadi pengikut akun karena tertarik dengan konten, active; pelanggan ikut berpartisipasi dalam kegiatan kampanye, committed; pelanggan bersedia memberikan identitas diri kepada Starbucks karena konten kampanye, dan loyalty; kontribusi lebih pelanggan terhadap Starbucks. Jika kelima tahapan tersebut terpenuhi, pelanggan dapat dikatakan loyal kepada Starbucks.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | content, online customer engagement, customer satisfaction, customer loyalty |
Subjects: | Communication Science Communication Science > Corporate Communication Communication Science > Marketing Communications Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Devara Cornellita Julian |
Date Deposited: | 16 Aug 2019 04:39 |
Last Modified: | 16 Aug 2019 04:39 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/2508 |
Actions (login required)
View Item |