UPAYA KANAL CEKFAKTA DI TEMPO.CO DALAM MEMVERIFIKASI FAKTA PEMILIHAN UMUM PRESIDEN 2019 (Periode 17-23 April 2019)

Cahyani, Kartika Dwi (2019) UPAYA KANAL CEKFAKTA DI TEMPO.CO DALAM MEMVERIFIKASI FAKTA PEMILIHAN UMUM PRESIDEN 2019 (Periode 17-23 April 2019). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
00 Cover.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (578kB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (110kB)

Abstract

UPAYA KANAL CEKFAKTA DI TEMPO.CO DALAM MEMVERIFIKASI FAKTA PEMILIHAN UMUM PRESIDEN 2019 Kartika Dwi Cahyani ABSTRAK Hadirnya media online membuat masyarakat menjadi lebih mudah dan cepat untuk mengakses informasi. Namun, banjirnya informasi yang didapatkan tidak menjamin bahwa informasi tersebut merupakan fakta atau hoaks. Masyarakat harus memverifikasi terlebih dahulu informasi yang didapatkan. Maraknya fenomena hoaks yang beredar menjadi satu masalah besar dalam komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan Kanal CekFakta Tempo.co dalam memverifikasi fakta Pemilihan Umum Presiden 2019 periode 17-23 April 2019. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah pers tanggung jawab sosial (Social Responsibility Theory). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi secara online terhadap Kanal CekFakta Tempo.co, wawancara mendalam dan studi pustaka. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah Kanal CekFakta Tempo.co mengaplikasikan tanggung jawab sosialnya sebagai media massa dengan berpedoman pada elemen jurnalisme. Kanal CekFakta Tempo.co memverifikasi informasi yang viral di media sosial dan tentunya berkaitan dengan kepentingan publik. Kata kunci: Teori Pers Tanggung Jawab Sosial, Verifikasi, Elemen Jurnalisme, Fakta.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Teori Pers Tanggung Jawab Sosial, Verifikasi, Elemen Jurnalisme, Fakta.
Subjects: Communication Science
Communication Science > Mass Media Communication
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Kartika Dwi Cahyani
Date Deposited: 16 Aug 2019 10:03
Last Modified: 19 Aug 2019 02:40
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/2533

Actions (login required)

View Item View Item