Vircandia, Andi Nabila (2019) Analisis Penerapan Program Corporate Social Responsibility Sebagai Bagian dari Proses Bisnis Perusahaan (Studi Kasus Program Pilar Solusi Bisnis Unggul pada PT Bank Central Asia Tbk di Kawasan Wisata Wayang Kulit Pucung, Desa Wukirsari, Yogyakarta). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (PDF)
00 cover.pdf - Submitted Version Download (2MB) | Preview |
Text (PDF)
01 BAB I - III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (557kB) |
|
Text (PDF)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (PDF)
03 BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (118kB) |
|
Preview |
Text (PDF)
04 Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (122kB) | Preview |
Text (PDF)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (303kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai penerapan program-program yang dilakukan oleh Pilar Solusi Bisnis Unggul dalam divisi Corporate Social Responsibility di PT Bank Central Asia Tbk sebagai bagian dari proses bisnis perusahaan. Kegiatan CSR yang dijalankan oleh PT Bank Central Asia Tbk merupakan program pengembangan desa untuk menaikkan taraf hidup masyarakat sekitar. Program tersebut dijalankan sebagai bentuk tanggung jawab terhadap masyarakat, untuk mengedukasikan penduduk di daerah Desa Wukirsari. Permasalahan yang diteliti adalah apa saja program yang dijalankan oleh PT Bank Central Asia Tbk di Desa Wukirsari, apa dampak yang dirasakan oleh BCA terhadap proses bisnis perusahaan, dan kendala apa yang dihadapi warga Desa Wukirsari dalam menerima hal baru. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah CSR process model menurut Coombs dan Holladay. Pendekatan yang akan penulis gunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus kualitatif. Selain itu, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara semi terstruktur kepada enam informan, observasi langsung, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian yang didapat adalah BCA secara step-by-step mengembangkan Desa Wukirsari mulai dari program pelatihan-pelatihan berkelanjutan sampai rencana pengembangan ke sektor UMKM-nya. Dan dampak yang dirasakan oleh bisnis BCA dapat dirasakan secara perlahan seiring berjalannya program-program yang ada. Serta kemauan masyarakat yang tinggi akan penerapan program-program baru namun dibutuhkan edukasi agar masyarakat dapat terus meningkatkan kualita diri dan mengikuti perkembangan zaman.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Corporate Social Responsibility, Proses Bisnis, Perusahaan, Flazz Card, Kredit Mikro. |
Subjects: | Management > Corporate Social Responsibility Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Andi Nabila Vircandia |
Date Deposited: | 20 Aug 2019 08:14 |
Last Modified: | 20 Aug 2019 08:14 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/2592 |
Actions (login required)
View Item |