Hazismalyadi, Hazismalyadi (2019) REPRESENTASI BODY SHAMING PADA DRAMA TELEVISI MY ID IS GANGNAM BEAUTY (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (pdf)
00 cover.pdf - Submitted Version Download (1MB) | Preview |
Text (pdf)
01 BAB I - III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (907kB) | Request a copy |
|
Text (pdf)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (pdf)
03 BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (405kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (pdf)
05 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (522kB) | Preview |
Text (pdf)
05. LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (81kB) | Request a copy |
Abstract
Ketidakpuasan individu terhadap tubuhnya dapat menginternalisasi penilaian yang disampaikan seseorang dalam lingkungannya terhadap tubuh. Selain itu peran media yang menyampaikan pesan melalui iklan produk-produk kecantikan dan tubuh yang ideal membuat individu merasa ingin seperti bintang film dalam iklan tersebut. Dengan adanya penilaian tubuh yang ideal ini menyebabkan banyak individu yang mengalami body shaming. Dalam penelitian yang menggunakan metode semiotika dengan menganalisis teks dan video ini, peneliti melihat bagaimana drama televisi ”My Id Is Gangnam Beauty” merepresentasikan body shaming. Teori semiotika Roland Barthes digunakan untuk menganalisis makna denotatif dan konotatif serta mitos yang berkembang di masyarakat pada setiap adegan body shaming yang ditampilkan. Pada drama televisi ini jenis actue body shame tidak ditampilkan, sedangkan kedua bentuk tindakan body shaming terbagi menjadi 9 adegan body shaming yang dilakukan dengan ucapan, 3 adegan body shaming yang dilakukan dengan kombinasi antara ucapan dan tindakan. Mitos yang ditemukan standar kecantikan diukur dari fisik yang sempurna. Hasil dari penelitian ini adalah drama televisi menujukkan tindakan body shaming yang direpresentasikan sebagai objek yang menjual nilai kecantikan sebagai standar kualitas drama di Televisi yang dikemas dengan nuansa romansa dan komedi.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Body Shaming, Drama Televisi, Semiotika. |
Subjects: | Communication Science > Mass Media Communication Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Hazismalyadi |
Date Deposited: | 26 Aug 2019 03:32 |
Last Modified: | 26 Aug 2019 03:32 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/2913 |
Actions (login required)
View Item |