Persulessy, Stella Fellicia (2016) Analisis Pemberitaan Go-Jek dan GrabBike di Masa Awal Peluncuran Jasa Transportasi Online (Studi pada pemberitaan di Kompas.com). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview  | 
            
              
Text (PDF)
 00 Cover.pdf - Submitted Version Download (992kB) | Preview  | 
          
| 
              
Text (PDF)
 01 BAB I - III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (705kB)  | 
          |
| 
              
Text (PDF)
 02 BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB)  | 
          |
| 
              
Text (PDF)
 03 BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (93kB)  | 
          |
| 
              
Text (PDF)
 04 Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (311kB)  | 
          |
| 
              
Text (PDF)
 05 Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (2MB)  | 
          
Abstract
Fenomena ojek online merupakan sebuah fenomena yang terjadi di Indonesia pada 2015 sejak hadirnya layanan ojek online Go-Jek dan GrabBike. Media massa membingkai berita Go-Jek dan GrabBike secara berbeda. Penelitian ini menggunakan metode analisis framing Zhongdan Pan dan Gerald M. Kosicki dalam menganalisis bagaimana bingkai berita Go-Jek dan GrabBike yang dibentuk oleh Kompas.com di dua bulan awal masa peluncuran aplikasi mobile mereka dan dalam menganalisis faktor-faktor apa saja yang memengaruhi isi berita Go-Jek dan GrabBike dalam dua bulan tersebut menggunakan teori influences on mass media content. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam dua bulan awal tersebut, Kompas.com sama-sama membingkai Go-Jek dan GrabBike secara positif, namun perbedaannya adalah berita Go-Jek banyak dibingkai dari sisi penilaian pemerintah Jakarta terhadap layanan Go-Jek yang dinilai sebagai sebuah inovasi, sedangkan berita GrabBike dibingkai dari sisi keberhasilan aplikasinya. Selanjutnya, faktor-faktor yang memengaruhi isi berita Go-Jek dan GrabBike di dua bulan awal tersebut adalah nilai berita, selera pasar atau minat pembaca, dan kepentingan pasar media.
| Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | analisis framing, fenomena ojek online, nilai berita, selera pasar, dan kepentingan pasar media. | 
| Subjects: | Communication Science Communication Science > Corporate Communication Communication Science > Mass Media Communication Thesis > Thesis (S1)  | 
        
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi | 
| Depositing User: | Stella Fellicia Persulessy | 
| Date Deposited: | 02 Sep 2016 11:20 | 
| Last Modified: | 02 Sep 2016 11:20 | 
| URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/302 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 

