Analisis Pemberitaan Go-Jek dan GrabBike di Masa Awal Peluncuran Jasa Transportasi Online (Studi pada pemberitaan di Kompas.com)

Persulessy, Stella Fellicia (2016) Analisis Pemberitaan Go-Jek dan GrabBike di Masa Awal Peluncuran Jasa Transportasi Online (Studi pada pemberitaan di Kompas.com). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of PDF]
Preview
Text (PDF)
00 Cover.pdf - Submitted Version

Download (992kB) | Preview
[thumbnail of PDF] Text (PDF)
01 BAB I - III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (705kB)
[thumbnail of PDF] Text (PDF)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of PDF] Text (PDF)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[thumbnail of PDF] Text (PDF)
04 Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[thumbnail of PDF] Text (PDF)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Fenomena ojek online merupakan sebuah fenomena yang terjadi di Indonesia pada 2015 sejak hadirnya layanan ojek online Go-Jek dan GrabBike. Media massa membingkai berita Go-Jek dan GrabBike secara berbeda. Penelitian ini menggunakan metode analisis framing Zhongdan Pan dan Gerald M. Kosicki dalam menganalisis bagaimana bingkai berita Go-Jek dan GrabBike yang dibentuk oleh Kompas.com di dua bulan awal masa peluncuran aplikasi mobile mereka dan dalam menganalisis faktor-faktor apa saja yang memengaruhi isi berita Go-Jek dan GrabBike dalam dua bulan tersebut menggunakan teori influences on mass media content. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam dua bulan awal tersebut, Kompas.com sama-sama membingkai Go-Jek dan GrabBike secara positif, namun perbedaannya adalah berita Go-Jek banyak dibingkai dari sisi penilaian pemerintah Jakarta terhadap layanan Go-Jek yang dinilai sebagai sebuah inovasi, sedangkan berita GrabBike dibingkai dari sisi keberhasilan aplikasinya. Selanjutnya, faktor-faktor yang memengaruhi isi berita Go-Jek dan GrabBike di dua bulan awal tersebut adalah nilai berita, selera pasar atau minat pembaca, dan kepentingan pasar media.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: analisis framing, fenomena ojek online, nilai berita, selera pasar, dan kepentingan pasar media.
Subjects: Communication Science
Communication Science > Corporate Communication
Communication Science > Mass Media Communication
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Stella Fellicia Persulessy
Date Deposited: 02 Sep 2016 11:20
Last Modified: 02 Sep 2016 11:20
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/302

Actions (login required)

View Item View Item