Yazid, Yazid (2019) Analisis Dampak Perubahan Layout Ruang Parkir Dengan Tipe Pola Parkir Sudut 30 Pada Mal XYZ Terhadap Kapasitas Dan Pendapatan Parkir. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
Preview |
Text (pdf)
00. COVER.pdf - Submitted Version Download (717kB) | Preview |
Text (pdf)
01. BAB I - III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (746kB) |
|
Text (pdf)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (pdf)
03. BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (70kB) |
|
Preview |
Text (pdf)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (6kB) | Preview |
Text (pdf)
05. LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Mal XYZ merupakan salah satu mal yang sangat diminati oleh penduduk kota Jakarta. Semakin bertambahnya jumlah pengunjung permintaan ruang parkir suatu saat dapat menjadi bermasalah jika permintaan yang ada lebih besar dari ruang parkir yang ada. Perancangan pola parkir dan tingkat kenyamanan, dan pendapatan parkir menjadi sangat penting untuk dianalis dengan tepat. Berdasarkan kondisi eksisting gedung parkir mal XYZ, perlu kita analisis apakah perubahan bentuk pola parkir dari kondisi eksiting dengan pola parkir sudut 30° dapat berpengaruh terhadap kapasitas, karakteristik dan pendapatan parkir. Analisis dilakukan berdasarkan keputusan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat 1996 tentang Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir. Pada peneilitian data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Adapun data primer yang digunakan adalah banyaknya kendaraan yang masuk dan keluar dari lokasi parkir, durasi parkir, layout parkir mal XYZ, ukuran ruang parkir, posisi letak parkir, dan tarif parkir, sedangkan data sekunder yang digunakan adalah dimensi ruang parkir sesuai standar kebutuhan dimensi ruang parkir keputusan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat 1996 tentang Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir.Berdasarkan hasil perhitungan, pengolahan data, dan analisis yang dilakukan, kondisi eksisting dan kondisi setelah dilakukan perubahan layout parkir menggunakan pola parkir sudut 30°gedung parkir mal XYZ sudah memenuhi standar kebutuhan ruang parkir menurut Direktorat Jenderal Perhubungan Darat 1996, namun nilai pendapatan parkir mengalami penurunan. Kapasitas parkir yang tersedia kondisi eksisting adalah sebanyak 3463 petak parkir (SRP), sedangkan untuk kondisi setelah dilakukan perubahan layout parkir menggunakan pola parkir sudut 30° kapasitas yang didapatkan adalah sebanyak 1662 petak parkir (SRP). Nilai pendapatan parkir kondisi eksisting dan kondisi setelah dilakukan perubahan layout parkir menggunakan pola parkir sudut 30°gedung parkir mal XYZ menurun sebesar 5%. Pada kondisi eksisting nilai pendapatan parkir yang yang didapatkan sebesar Rp.2.509.337.000, sedangkan kondisi setelah dilakukan perubahan layout parkir menggunakan pola parkir sudut 30° nilai pendapatan parkir yang didapatkan adalah sebesar Rp. 2.382.163.830.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | capacity, characteristic of parking, parking pattern, parking revenue.kapasitas, karakteristik parkir, pola parkir, pendapatan parkir |
Subjects: | Civil Engineering > Engineering Economy Civil Engineering > Management of engineering works Civil Engineering > Surveying Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Yazid |
Date Deposited: | 29 Aug 2019 07:59 |
Last Modified: | 29 Aug 2019 07:59 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/3107 |
Actions (login required)
View Item |