Febriyanti, Febriyanti (2020) Analisis Critical Success Factors Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) dalam Layanan Paten. Tesis (S2) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (COVER)
00 COVER.pdf - Submitted Version Download (2MB) | Preview |
Text (BAB I-III)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) |
|
Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) |
|
Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (242kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (460kB) |
Abstract
Salah satu bentuk layanan HKI adalah paten, merupakan hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada inventor atas hasil invensinya di bidang teknologi dalam jangka waktu tertentu. Tren permohonan paten dari dalam dan luar negeri cenderung meningkat, sehingga DJKI sangat fokus penyelesaian permohonan paten tepat waktu. Usaha tersebut membuahkan hasil dengan dinobatkan Indonesia menjadi negara dengan peningkatan pemberian Granted paten tertinggi pada tahun 2019 oleh WIPO yaitu sebesar 176,1%. Pemberian HKI secara tepat waktu dan berkualitas adalah salah satu persyaratan untuk menjadi Kantor KI yang mendapat pengakuan dari otoritas dan/atau lembaga KI dunia. Oleh sebab itu, perlu dilakukan analisis CSF DJKI dalam layanan Paten. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Ruang lingkup penelitiannya adalah Subdirektorat Pemeriksa Paten dan para Pemeriksa Paten DJKI. Hasil penelitian ini ditemukan beberapa CSF dari perspektif Pemeriksa Paten seperti, 1) Ketersediaan media komunikasi dan internet dalam mendukung pelaksanaan pekerjaan, 2) Kemudahan akses referensi ilmu pengetahuan, 3) Pemeriksa Paten memiliki pandangan bahwa peranannya bermanfaat bagi masyarakat 4) Kesesuaian latar belakang Pendidikan dengan dokumen paten, dan 5) saluran komunikasi internal pegawai. Sedangkan 3 CSF dari perspektif manajemen seperti, 1) Komunikasi, 2) Komitmen dan Kepemimpinan Pimpinan Tinggi serta 3) Pelatihan dan pembelajaran
Item Type: | Thesis (Tesis (S2) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | DJKI, HKI, Paten, Pemeriksa Paten, Critical success factors (CSF) |
Subjects: | Management > Corporate Governance Thesis > Thesis (S2) Thesis |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Management |
Depositing User: | Febriyanti Febriyanti |
Date Deposited: | 24 Aug 2020 04:52 |
Last Modified: | 24 Aug 2020 04:52 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/3667 |
Actions (login required)
View Item |