Nurjanah, Salpi Ayu (2020) Pengaruh Brand Ambassador BTS (Bangtan Sonyeondan) Terhadap Minat Beli Konsumen Perempuan di E-Commerce Tokopedia (Studi Kasus pada Kelompok Penggemar dan Non Penggemar BTS). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version Download (3MB) | Preview |
Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (3MB) | Preview |
Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Kehadiran internet menciptakan adanya budaya baru di masyarakat yaitu berbelanja secara online, salah satunya melalui e-commerce. Sebagai e-commerce tanah air, saat ini Tokopedia didominasi oleh konsumen laki-laki dibandingkan dengan konsumen perempuan dengan perbedaan yang sangat signifikan. Oleh karena itu, berbagai strategi promosi dilakukan satu diantaranya melalui pemilihan brand ambassador yaitu BTS (Bangtan Sonyeondan) yang merupakan boyband ternama asal Korea Selatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh brand ambassador BTS terhadap minat beli konsumen perempuan di Tokopedia. Penelitian ini menggunakan dua populasi, pertama adalah penggemar BTS yang tergabung dalam komunitas BTS Fanbase INA dan kedua adalah mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial (FEIS) Universitas Bakrie sebagai populasi pembanding. Metode penelitian ini adalah metode survei. Dalam mengumpulkan data, peneliti menyebarkan kuesioner kepada 103 responden dari penggemar BTS dan 103 responden dari mahasiswi FEIS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh BTS terhadap konsumen perempuan penggemar BTS sebesar 45,6%. Sedangkan pada mahasiswi FEIS juga menunjukkan adanya pengaruh dengan persentase 32% yang keduanya mempunyai nilai signifikansi 0,00. Dengan demikian, variabel brand ambassador secara signifikan berpengaruh terhadap konsumen perempuan baik itu kepada kelompok penggemar BTS maupun kelompok non penggemar. Selain itu, hasil penelitian ini juga sejalan dengan asumsi dari teori Elaboration Likelihood Model mengenai peripheral route dan central route. Kata kunci : Tokopedia, brand ambassador, BTS, minat beli, Elaboration Likelihood Model.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tokopedia, brand ambassador, BTS, minat beli, Elaboration Likelihood Model. |
Subjects: | Customer Behavior Communication Science > Marketing Communications Marketing > eCommerce Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Salpi Ayu Nurjanah |
Date Deposited: | 07 Sep 2020 17:12 |
Last Modified: | 07 Sep 2020 17:12 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/3956 |
Actions (login required)
View Item |