STRATEGI CYBER PUBLIC RELATIONS DALAM UPAYA MENINGKATKAN CITRA MELALUI MEDIA SOSIAL KEMENTERIAN PERHUBUNGAN (Studi Pada Instagram @kemenhub151 Momentum Mudik Bareng 2019)

Silfia, Diana (2020) STRATEGI CYBER PUBLIC RELATIONS DALAM UPAYA MENINGKATKAN CITRA MELALUI MEDIA SOSIAL KEMENTERIAN PERHUBUNGAN (Studi Pada Instagram @kemenhub151 Momentum Mudik Bareng 2019). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (504kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (865kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (427kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05. LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (564kB)

Abstract

Adanya tradisi mudik menjelang hari raya besar dan libur panjang, telah menjadi fenomena yang menarik diperbincangkan di Indonesia.Hal ini adalah persoalan yang cukup meresahkan, mengingat masih rendahnya kesadaran masyarakat perihal keamanan dan keselamatan saat melakukan tradisi mudik tersebut. Oleh karena itu, Kementerian Perhubungan berupaya untuk mengedukasi dan mensosialisasikan melalui media sosial Instagram, sehingga dapat meningkatkan kesadaran perilaku masyarakat mengenai mudik serta dapat meningkatkan citra dan kredibilitas masyarakat pada program Mudik Bareng 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi, peran, dan pemanfaatan yang dilakukan Kementerian Perhubungan dalam menerapkan cyber PR melalui media sosial Instagram sehingga, dapat memahami citra yang terbentuk di mata pengikutnya. Analisis penelitian ini menggunakan teori cyber PR, social media strategy wheel, dan proses pembentukan citra. Metode penelitian ini menggunakan metode studi kasus instrumental tunggal, dengan penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan untuk meningkatkan citranya melalui media sosial Instagram sudah dilakukan dengan cukup baik. Hal tersebut dikarenakan keseluruhan strategi tidak sepenuhnya diimplementasikan, mulai dari pelacakan dan pemantauan hingga kepada evaluasi program, masih ada yang kurang optimal dari segi engagement. Sehingga, upaya Kementerian Perhubungan untuk meningkatkan citra melalui media sosial Instagram kurang terbentuk secara maksimal.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Cyber PR, Social Media Strategy Wheel, Instagram, Citra
Subjects: Communication Science
Communication Science > Social Media
Thesis
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Diana Silfia
Date Deposited: 13 Sep 2020 13:44
Last Modified: 13 Sep 2020 13:44
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/4004

Actions (login required)

View Item View Item