Celebrity Worship dan Interaksi Parasosial dalam Gaya Hidup Kepenggemaran K-Pop (Studi pada Fandom Wannable di Jakarta)

Hanifah, Raden Roro Nisrina Salma (2020) Celebrity Worship dan Interaksi Parasosial dalam Gaya Hidup Kepenggemaran K-Pop (Studi pada Fandom Wannable di Jakarta). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[img]
Preview
Text (COVER)
00 cover.pdf - Submitted Version

Download (233kB) | Preview
[img] Text (BAB I-III)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (117kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (361kB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Celebrity Worship dan Interaksi Parasosial dalam Gaya Hidup Kepenggemaran K-Pop (Studi Pada Fandom Wannable di Jakarta) ini melihat dari fenomena yang mana budaya populer Korea Selatan semakin berkembang sehingga memiliki banyak penggemar yang tersebar diseluruh dunia, termasuk di Indonesia. Banyaknya penggemar K-Pop di Indonesia akan membentuk beragam perilaku yang ditunjukkan oleh penggemar K-Pop sehingga dapat dinilai tahapan dimana para penggemar melakukan pengidolaan kepada artis K-Pop. Wannable sendiri merupakan nama fandom dari grup asal Korea Selatan bernama Wanna One dan Wanna One sendiri telah dibubarkan karena masa kontraknya yang telah habis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku celebrity worship dan interaksi parasosial dalam gaya hidup kepenggemaran K-Pop. Penelitian ini dikaji dengan menggunakan teori dan konsep Gaya Hidup dari Solomon M. R., Celebrity Worship dari McCutheon. L. E., dan Interaksi Parasosial dari Horton, D., Wohl. R. R. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode fenomenologi dan menggunakan teknik wawancara secara mendalam dengan satu orang triangulator dan empat orang informan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keempat informan yang merupakan seorang Wannable berada pada tahapan dan tingkatan menengah dalam melakukan pengidolaan yaitu intense-personal pada celebrity worship dan identification attraction pada interaksi parasosial. Hal ini dikarenakan mereka masih berpikiran rasional dan mampu menempatkan diri sebagai seorang penggemar yang mendukung idolanya, bukan dengan menjadi penggemar yang dapat merugikan dan membahayakan banyak pihak termasuk artis itu sendiri.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Celebrity Worship, Interaksi Parasosial, Gaya Hidup, Budaya Populer Korea (K-Pop), Fandom, Wannable
Subjects: Communication Science > Cultural Studies
Communication Science > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Raden Roro Nisrina Salma Hanifah
Date Deposited: 28 Sep 2020 07:14
Last Modified: 28 Sep 2020 07:14
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/4158

Actions (login required)

View Item View Item