Shanyndita, Audia Shifa (2020) ANALISIS CONTENT MARKETING INSTAGRAM SHOPEEKPOP DALAM UPAYA MEMBENTUK CUSTOMER ENGAGEMENT (STUDI PADA 3 INFORMAN FOLLOWERS INSTAGRAM SHOPEEKPOP & CUSTOMER SHOPEE). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (Cover)
00 cover.pdf - Submitted Version Download (354kB) | Preview |
Text (BAB I - III)
01 BAB I - III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (733kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (150kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (191kB) | Preview |
Text (Lampiran)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (330kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis content marketing Instagram Shopeekpop dalam upaya membentuk customer engagement. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Subjek dalam penelitian ini adalah content marketing Instagram Shopeekpop dalam upaya membentuk customer engagement. Objek dalam penelitian ini adalah 3 informan yang merupakan penggemar K-Pop, pelanggan Shopee, mempunyai dan menggunakan aplikasi Shopee. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga informan memberikan respon positif terhadap indikator-indikator content marketing yaitu educates, informs, entertains, dan create truthworthiness. Namun dalam hasil penelitian ini, tahapan-tahapan customer engagement yang terbentuk hanya consumption, curation, dan collaboration. Tidak terbentuknya tahapan creation dikarenakan dalam penelitian ini ketiga informan tidak sampai ke tahap dimana informan memberikan komentar, tag, repost serta membuat suatu kreasi konten tentang Shopeekpop. Dalam tahapan sebelumnya yaitu tahapan kurasi (curation) informan hanya sampai melakukan respon berupa mengetuk tanda like tidak sampai melakukan interaksi lainnya seperti memberikan komentar atau tag berakibat tahapan creation ini tidak terbentuk maksimal pada informan. Selain itu tidak terbentuknya tahapan creation dapat disebabkan oleh karakteristik pribadi seseorang, seperti minat untuk berinovasi, rasa ingin tahu, dan keinginan untuk menunjukkan ide mereka sendiri.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Content Marketing, Instagram Shopeekpop, Customer Engagement |
Subjects: | Communication Science > Marketing Communications Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Audia Shifa Shanyndita |
Date Deposited: | 05 Oct 2020 13:54 |
Last Modified: | 08 Sep 2021 12:12 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/4234 |
Actions (login required)
View Item |