ANALISIS CONTENT MARKETING INSTAGRAM SHOPEEKPOP DALAM UPAYA MEMBENTUK CUSTOMER ENGAGEMENT (STUDI PADA 3 INFORMAN FOLLOWERS INSTAGRAM SHOPEEKPOP & CUSTOMER SHOPEE)

Shanyndita, Audia Shifa (2020) ANALISIS CONTENT MARKETING INSTAGRAM SHOPEEKPOP DALAM UPAYA MEMBENTUK CUSTOMER ENGAGEMENT (STUDI PADA 3 INFORMAN FOLLOWERS INSTAGRAM SHOPEEKPOP & CUSTOMER SHOPEE). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00 cover.pdf - Submitted Version

Download (354kB) | Preview
[thumbnail of BAB I - III] Text (BAB I - III)
01 BAB I - III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (733kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis content marketing Instagram Shopeekpop dalam upaya membentuk customer engagement. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Subjek dalam penelitian ini adalah content marketing Instagram Shopeekpop dalam upaya membentuk customer engagement. Objek dalam penelitian ini adalah 3 informan yang merupakan penggemar K-Pop, pelanggan Shopee, mempunyai dan menggunakan aplikasi Shopee. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga informan memberikan respon positif terhadap indikator-indikator content marketing yaitu educates, informs, entertains, dan create truthworthiness. Namun dalam hasil penelitian ini, tahapan-tahapan customer engagement yang terbentuk hanya consumption, curation, dan collaboration. Tidak terbentuknya tahapan creation dikarenakan dalam penelitian ini ketiga informan tidak sampai ke tahap dimana informan memberikan komentar, tag, repost serta membuat suatu kreasi konten tentang Shopeekpop. Dalam tahapan sebelumnya yaitu tahapan kurasi (curation) informan hanya sampai melakukan respon berupa mengetuk tanda like tidak sampai melakukan interaksi lainnya seperti memberikan komentar atau tag berakibat tahapan creation ini tidak terbentuk maksimal pada informan. Selain itu tidak terbentuknya tahapan creation dapat disebabkan oleh karakteristik pribadi seseorang, seperti minat untuk berinovasi, rasa ingin tahu, dan keinginan untuk menunjukkan ide mereka sendiri.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Content Marketing, Instagram Shopeekpop, Customer Engagement
Subjects: Communication Science > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Audia Shifa Shanyndita
Date Deposited: 05 Oct 2020 13:54
Last Modified: 08 Sep 2021 12:12
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/4234

Actions (login required)

View Item View Item