Strategi Konten Humor dalam Produksi Program “The Bongils” Radio Bahana FM Jakarta

Fattah, Fathurrachman (2020) Strategi Konten Humor dalam Produksi Program “The Bongils” Radio Bahana FM Jakarta. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00 Cover.pdf - Submitted Version

Download (473kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (10kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04 BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang sebuah proses produksi konten humor yang dijalankan oleh radio Bahana FM dalam sebuah programnya. Program itu bernama The Bongils, yang menceritakan tentang dua orang anak kecil yang diperankan oleh kedua penyiarnya. Dalam konten humor program itu dikemas dengan menggunakan beberapa kategori humor untuk meningkatkan pendengarnya. Tujuan penelitian ini sendiri yaitu untuk mengetahui strategi produksi konten humor pada program The Bongils di radio Bahana FM Jakarta. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode studi kasus, serta menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, dan beberapa penelusuran dokumen Teori pada penelitian ini menggunakan teori produksi humor dari Berger, media radio dari Effendy, dan proses produksi program dari Morissan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten humor dalam setiap program digunakan untuk menghibur pendengar yang masih mencari sensasi humor di dalam radio. Konten humor di radio Bahana disesuaikan dengan segmentasi serta target pendengar. Beberapa strategi pengkategorian humor yang dilakukan di antaranya humor menurut identitas, humor menurut bahasa, dan humor menurut logika. Penggunaan konten humor tersebut merupakan cara Bahana FM Jakarta dalam mengemas program hiburan The Bongils untuk mempertahankan dan meningkatkan pendengarnya.. Kata kunci: Proses produksi, konten humor, Bahana FM Jakarta, media radio, dan kategori humor.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Proses produksi, konten humor, Bahana FM Jakarta, media radio, dan kategori humor
Subjects: Communication Science > Digital Communication
Communication Science > Journalism
Communication Science > Mass Media Communication
Communication Science > Multimedia Production
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Fathurrachman Fattah
Date Deposited: 06 Oct 2020 09:47
Last Modified: 06 Oct 2020 09:47
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/4239

Actions (login required)

View Item View Item