Sakinah, Nadifa (2020) Analisis Resepsi Mahasiswa Terhadap Tren Viral "Please, Do Your Magic" Pada Media Sosial Twitter (Studi Kasus Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie Angkatan 2016). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (Cover)
00. COVER.pdf - Submitted Version Download (317kB) | Preview |
Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (620kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (124kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (59kB) | Preview |
Text (Lampiran)
05. LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (177kB) | Request a copy |
Abstract
Twitter dalam penggunaannya dapat dikatakan sangat cepat dan update dengan fitur yang dimiliki, terlebih lagi untuk suatu hal yang happening dan viral dengan adanya trending topic. Munculnya tren viral “Please, Do Your Magic” pada media sosial Twitter membuat menyebar luasnya aksi saling membantu orang lain yang kesulitan dengan kekuatan dari para pengguna media sosial. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui resepsi mahasiswa terhadap tren viral “Please, Do Your Magic” yang ada pada media sosial Twitter. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis resepsi dan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan beberapa mahasiswa yang dilakukan oleh peneliti. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Analisi Resepsi milik Stuart Hall. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan dari wawancara mendalam yang peneliti lakukan dengan lima mahasiswa yang mendapatkan informasi melalui tren viral “Please, Do Your Magic” ini menghasilkan pemaknaan yang berbeda dan memunculkan dua posisi decoding yaitu dua diantaranya berada pada posisi dominant-hegemonic position dimana informan menyetujui dan menerapkan pemaknaan pesan yang disampaikan, sedangkan tiga informan lainnya berada pada posisi negotiated position dimana informan menerima pesan yang disampaikan tetapi memiliki makna sendiri sehingga tidak menerima sepenuhnya. Tidak ditemukan informan pada oppositional position dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Resepsi, Media Sosial, Twitter, Tren Viral |
Subjects: | Communication Science > Journalism Communication Science > Mass Media Communication Communication Science > Social Media Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Nadifa Sakinah |
Date Deposited: | 13 Oct 2020 16:07 |
Last Modified: | 13 Oct 2020 16:07 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/4256 |
Actions (login required)
View Item |