Frizzandhi, Edward (2020) Pengelolaan Konten Virus Corona di Media Sosial Instagram Radio MNC Trijaya. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
Preview |
Text (Cover)
00_coverx.pdf - Submitted Version Download (121kB) | Preview |
Text (Bab 1 - Bab 3)
01.BAB I - III-converted.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (845kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
02.BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
03.BAB V-converted.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (87kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
04.DAFTAR PUSTAKA-converted.pdf - Submitted Version Download (84kB) | Preview |
Text (Lampiran)
05.LAMPIRAN-converted.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (148kB) | Request a copy |
Abstract
Selama masa pandemi virus corona, radio berita MNC Trijaya lebih aktif menggunakan media sosial khususnya Instagram. Hal tersebut dilakukan untuk menyebarkan informasi dan sebagai outlet juga menyebarkan berita khususnya terkait corona dengan jangkauan yang lebih luas. Dalam pemanfaatan Instagram sebagai outlet dari Radio MNC Trijaya juga melakukan penyeleksian pada informasi dan berita sebagai bagian dari proses pengelolaan konten. Kegiatan seleksi tersebut biasa disebut sebagai gatekeeping, dan orang yang melakukanya disebut gatekeeper. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan konten virus Corona di media sosial Instagram dari radio MNC Trijaya mengenai 9 konten virus corona di Indonesia yang sudah dipilih peneliti pada feed Instagram dalam kurun waktu 2 Maret 2020 – 20 Maret 2020. Analisis penelitian ini menggunakan konsep pengelolaan konten media sosial dan teori gatekeeper model Westley dan Mclean. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam pengelolaan konten virus Corona di Instagram MNC Trijaya, memiliki tiga tahapan yang harus dilalui yaitu perencanaan, aktivasi dan pengawasan, dan optimalisasi. Dalam tahapan aktivasi dan pengawasan, terdapat proses gatekeeping, yang memiliki sedikit perbedaan dengan model Westley dan Mclean. Perbedaan itu terdapat pada tugas komunikator. Karena pada pengelolaan konten virus Corona di Instagram MNC Trijaya, komunikator juga bertugas untuk mengunggah dan menyebarkan konten ke audience. Selain itu, berdasarkan sembilan konten virus Corona yang diteliti, peneliti menemukan dalam melakukan proses gatekeeping pada pengelolaan konten virus Corona di Instagram, MNC Trijaya juga dipengaruhi oleh beberapa aspek yakni ekonomi, pembatasan illegal, etika pribadi dan profesionalisme, kompetisi, nilai berita, dan reaksi terhadap feedback tertunda.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konten, Gatekeeper, MNC Trijaya, Instagram |
Subjects: | Communication Science Communication Science > Journalism Communication Science > Mass Media Communication Communication Science > Social Media Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Edward Frizzandhi |
Date Deposited: | 05 Nov 2020 11:09 |
Last Modified: | 05 Nov 2020 11:09 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/4320 |
Actions (login required)
View Item |