RESEPSI VIDEO GOJEK INDONESIA: BTX - IT’S OKAY TO BE LEBAY PADA PENGGUNA APLIKASI GOJEK

Juniani, Shabrina (2021) RESEPSI VIDEO GOJEK INDONESIA: BTX - IT’S OKAY TO BE LEBAY PADA PENGGUNA APLIKASI GOJEK. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[img]
Preview
Text (COVER)
00 Cover.pdf - Submitted Version

Download (519kB) | Preview
[img] Text (BAB I - III)
01 BAB I - III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (766kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (835kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (313kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (598kB) | Request a copy

Abstract

Indonesia saat ini tengah dihadapkan dengan Covid-19 sehingga hampir semua institusi termasuk Gojek membuat iklan yang berisi himbauan terkait Covid-19. Dibutuhkan kreativitas serta kejelian yang tinggi dalam perumusan sebuah konsep iklan serta tantangan tersendiri dalam menyampaikan pesan iklan. Tantangan dalam pembuatan iklan ialah perbedaan resepsi dari khalayak yang menonton. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis resepsi pengguna Gojek terhadap iklan parodi BTX - It’s Okay to be Lebay dengan meminjam teori resepsi dari Stuart Hall. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan Focus Group Discussion dengan delapan informan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat lima informan dominan dan tiga informan negosiasi. Lima informan yang berada pada posisi dominan menerima keseluruhan video tanpa adanya pesan tambahan. Hal ini dikarenakan latar pengetahuan dan pengalaman mereka terkait hal-hal yang terdapat dalam video tidak banyak atau minim. Sedangkan tiga informan lainnya berada pada posisi negosiasi terdiri dari dua orang penggemar K-Pop dan seorang yang berasal dari jurusan komunikasi sehingga mereka cukup kritis dalam memaknai hal-hal yang terdapat dalam video. Tidak ada informan yang berada pada posisi oposisional. Berdasarkan hasil penelitian juga ditemukan bahwa konsep parodi yang menghibur dapat dijadikan pilihan utama dalam penentuan konsep iklan untuk menyampaikan pesan dengan baik.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: resepsi, resepsi Stuart Hall, analisis resepsi, covid-19, iklan parodi, protokol kesehatan, kampanye
Subjects: Communication Science > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Shabrina Juniani
Date Deposited: 05 May 2021 10:00
Last Modified: 05 May 2021 10:00
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/4670

Actions (login required)

View Item View Item