Aulya, Puja Dwi (2021) ANALISIS PROMOSI PARIWISATA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM OLEH DINAS PEMUDA, OLAHRAGA DAN PARIWISATA KABUPATEN KUNINGAN DI ERA NEW NORMAL (Studi Etnografi Komunikasi pada @disporapar_kuningan). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (Cover)
00 Cover.pdf - Submitted Version Download (560kB) | Preview |
Text (BAB I - III)
01 BAB I - III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (640kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (193kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (408kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (703kB) | Request a copy |
Abstract
Pariwisata merupakan salah satu sektor yang terkena dampak penurunan ekonomi dari kemunculan pandemi COVID-19 yang mengharuskan seluruh masyarakat memulai kebiasaan baru (new normal). Oleh karena itu, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kuningan sebagai instansi pemerintahan daerah yang bergerak di sektor pariwisata melalui akun media sosial Instagram @disporapar_kuningan melakukan promosi pariwisata sekaligus edukasi seputar penerapan protokol kesehatan agar kegiatan wisata dapat berjalan dengan aman. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalis bagaimana kegiatan promosi pariwisata oleh Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kuningan melalui akun media sosial Instagram @disporapar_kuningan di era new normal dengan menggunakan teori Ethnography of Speaking milik Dell Hymes (1972) khususnya pada sebelas konten video daya tarik wisata. Metode penelitian yang digunakan adalah metode etnografi, dengan penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perilaku komunikatif dalam kegiatan promosi pariwisata pada konten daya tarik wisata secara umum sudah memenuhi delapan komponen unit-unit interaksi untuk menjadi peristiwa tutur, yaitu: setting/scene, participants, ends, act sequence, keys, instrumentalities, norms of interaction, dan genre. Namun, diperlukannya konsistensi dalam urutan bentuk isi pesan sehingga tujuandilakukannya kegiatan promosi dapat mengubah pola pikir wisatawan yaitu Kabupaten Kuningan memiliki daya tarik wisata yang aman dikunjungi.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ethnography of Speaking, Instagram, New normal, Pariwisata,Promosi |
Subjects: | Communication Science > Marketing Communications Communication Science > Social Media Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Puja Dwi Aulya |
Date Deposited: | 19 May 2021 17:28 |
Last Modified: | 19 May 2021 17:28 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/4706 |
Actions (login required)
View Item |