Analisis Manajemen Perencanaan Tata Kelola Suku Cadang Kereta Listrik CBTC

Handryanto, Achmad (2021) Analisis Manajemen Perencanaan Tata Kelola Suku Cadang Kereta Listrik CBTC. Tesis (S2) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of cover]
Preview
Text (cover)
00 cover.pdf - Submitted Version

Download (385kB) | Preview
[thumbnail of BAB I - III] Text (BAB I - III)
01 BAB I - III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu solusi dari isu transportasi Jakarta adalah pembangunan transportasi berbasis rel. Transportasi kereta api telah menjadi solusi untuk transport massal. Karena kereta urban adalah fasilitas kesejahteraan umum, tata kelola ketersediaan suku cadang memiliki peran penting dalam menjaga kehandalan moda transportasi ini. Studi ini bertujuan menentukan klasifikasi suku cadang kereta listrik (Tipe J) yang tepat dan baik terkait dengan penentuan keputusan pengelolaan suku cadang kereta listrik (Tipe J). Secara khusus kereta listrik (Tipe J) adalah teknologi pertama di Indonesia yang menggunakan sistem Communication Based Train Control (CBTC). Penelitian ini menggunakan metode wawancara semi-terstruktur untuk memperoleh data klasifikasi persediaan suku cadang kereta listrik sebagai data primer. Divisi Railway Maintenance adalah perwakilan untuk sudut pandang operasi, teknis, pasokan dalam tata kelola ketersediaan suku cadang kereta listrik. Merujuk kepada kriteria dan subkriteria yang telah ditentukan yaitu kriteria Operasional, Teknis, dan Pasokan, kemudian data primer yang didapat akan diolah dengan metode AHP melalui perhitungan memakai perangkat lunak excel dan expert choice. Berdasarkan hasil perhitungan gabungan tingkat ketiga terhadap tujuan pada penelitian ini yaitu kritikalitas suku cadang kereta listrik, para ahli menilai bahwa untuk kritikalitas suku cadang kereta listrik memiliki pengelolaan persediaan suku cadang kereta listrik dengan prioritas pada penyediaan cadangan atau stok suku cadang. Dari hasil perhitungan evaluasi menunjukkan perangkat lunak expert choice dapat digunakan sebagai alat bantu dalam melakukan perhitungan multi kriteria AHP untuk tata kelola persediaan suku cadang kereta listrik. Lalu, berdasarkan hasil evaluasi, kriteria dan subkriteria yang dipakai di penelitian ini, dapat digunakan sebagai referensi terhadap analisis klasifikasi terhadap tata kelola persediaan suku cadang kereta listrik. Hasil penelitian merupakan langkah awal untuk penelitian lanjutan pada tata kelolas persediaan suku cadang di industri perkeretaapian.

Item Type: Thesis (Tesis (S2) - )
Uncontrolled Keywords: Multi-criteria classification, Spare part, Electric train, Railway, Inventory, Multi kriteria, suku cadang, kereta listrik, persediaan
Subjects: Industrial & Manufacturing Engineering > Production Planning and Inventory Control
Industrial & Manufacturing Engineering > Supply Chain Management
Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Thesis > Thesis (S2)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Management
Depositing User: Achmad Handryanto
Date Deposited: 24 May 2021 06:54
Last Modified: 24 May 2021 06:54
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/4748

Actions (login required)

View Item View Item