Indriani, Vitara (2021) Implementasi Strategi Marketing Public Relations Dalam Corporate Social Responsibility PT Timah Investasi Mineral Untuk Meningkatkan Brand Image (Studi Kasus: Sunatan Massal di Kabaena, Sulawesi Tenggara). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version Download (123kB) | Preview |
Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (463kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (785kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (85kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (72kB) | Preview |
Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (391kB) | Request a copy |
Abstract
Program Corporate Social Responsibility (CSR) yang diimplementasikan menggunakan strategi Marketing Public Relations (MPR) menjadi kunci penting yang harus diperhatikan perusahaan untuk meningkatkan Brand Image. Penelitian ini membahas mengenai implementasi strategi MPR dalam CSR TIM untuk meningkatkan Brand Image melalui acara Sunatan Massal di Kabaena, Sulawesi Tenggara. Penelitian ini ditelaah menggunakan three ways strategy MPR dari Ali, D.F.S serta lima dimensi Brand Image dari Wijaya. Metode penelitian adalah studi kasus, dengan pendekatan kualitatif. Hasil pembahasannya menunjukkan bahwa push strategy yang berhasil dilakukan PT Timah Investasi Mineral (TIM) yaitu membuat pesan menarik bahwa setiap peserta mendapatkan songkok, baju koko, uang saku, konsumsi, dan transportasi gratis. Namun, kegiatan CSR tersebut tidak bisa dikatakan sebagai program CSR dikarenakan sifatnya spontanitas dan hanya sekali. Pada pull strategy, TIM memaksimalkan publikasi melalui penyebaran surat undangan, brosur, pemasangan spanduk, mengumumkannya melalui speaker masjid, dan memanfaatkan whatsapp broadcast. Penyebaran informasi melalui pesan word of mouth (WOM) terarah sukses dilakukan oleh TIM dalam mempromosikan acara. Selanjutnya power or pass strategy, digunakan untuk menggiring opini publik bahwa TIM adalah perusahaan pertambangan yang peduli. Agar dapat menembus lapisan masyarakat, silaturahmi dengan tokoh masyarakat setempat menjadi agenda penting bagi seorang Kepala Teknik Tambang (KTT).
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MPR, CSR, Three Ways Strategy MPR, Sunatan Massal, Brand Image |
Subjects: | Communication Science > Marketing Communications Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Vitara Indriani |
Date Deposited: | 08 Jun 2021 03:38 |
Last Modified: | 08 Jun 2021 03:38 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/4776 |
Actions (login required)
View Item |