Chairanina, Nury (2020) STRATEGI PENGELOLAAN KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM KEMENDIKBUD DALAM MENINGKATKAN BRAND ENGAGEMENT. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (COVER)
00 Cover.pdf - Submitted Version Download (2MB) | Preview |
Text (BAB I-III)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (923kB) |
|
Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (304kB) |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (305kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (617kB) |
Abstract
Kehadiran teknologi informasi yang kini semakin berkembang telah membawa perubahan besar terhadap kehidupan manusia, bahkan mengantarkan manusia pada era revolusi industri 4.0. Perubahan yang paling terasa bagi kehidupan manusia setelah adanya era revolusi industri 4.0 adalah adanya internet, yang juga melahirkan media sosial. Mengelola sebuah aktivitas komunikasi lewat media sosial ternyata tidak sederhana. Dibutuhkan sebuah strategi komunikasi dan seperangkat elemen yang sirkuler yang dapat mempengaruhi keberhasilan suatu perusahaan dalam mengelola media sosial. Kondisi tersebut tentunya mengharuskan pengelola media sosial menjalankan tugas dan fungsinya menyusun strategi pengelolaan konten. Hal ini dilakukan juga oleh instansi pemerintah yang mengelola akun media sosial, termasuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kemendikbud merupakan kementerian yang menyelenggarakan urusan di bidang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan masyarakat, serta pengelolaan kebudayaan yang mengelola media sosial Instagram dengan berbagai macam tujuan, salah satunya adalah meningkatkan brand engagement. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengelolaan konten media sosial Instagram yang dilakukan oleh Kemendikbud dalam meningkatkan brand engagement. Penelitian ini menggunakan teori The Circular Model of SOME menurut Regina Luttrel dan Brand Engagement menurut Katie Paine. Metode penelitian ini adalah menggunakan pendekatan studi kasus deskriptif dengan penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengimplementasian teori The Circular Model of SOME yang tahapannya meliputi share, optimize, manage, dan engage, pada Business Process diimplementasikan Kemendikbud dengan tahapan yang berbeda yaitu optimize, share, engage, dan manage, sehingga dalam meningkatkan brand engagement dari akun @kemdikbud.ri masih belum maksimal, walaupun dengan strategi pengelolaan konten yang diimplementasikan sekarang, Kemendikbud memiliki relevansi pesan yang tinggi dengan followers-nya.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pengelolaan Konten, Instagram @kemdikbud.ri, Brand Engagement |
Subjects: | Communication Science Communication Science > Social Media Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Nury Chairanina |
Date Deposited: | 01 Sep 2021 03:46 |
Last Modified: | 01 Sep 2021 03:46 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/5171 |
Actions (login required)
View Item |