ANALISIS RESEPSI KHALAYAK TERHADAP ISI PESAN PADA IKLAN KECAP ABC VERSI "JADILAH SUAMI SEJATI MASAK BERSAMA KECAP ABC"

Dinanti, Galuh Ayuenda (2021) ANALISIS RESEPSI KHALAYAK TERHADAP ISI PESAN PADA IKLAN KECAP ABC VERSI "JADILAH SUAMI SEJATI MASAK BERSAMA KECAP ABC". Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[img]
Preview
Text (COVER)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (287kB) | Preview
[img] Text (BAB I-III)
01. Bab I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
02. Bab IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (772kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
03. Bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (78kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (8kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (555kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Resepsi Khalayak Terhadap Isi Pesan Pada Iklan Kecap ABC Versi “Jadilah Suami Sejati Masak Bersama Kecap ABC” diangkat berdasarkan fenomena di mana berbeda dari iklan lainnya, Kecap ABC mencoba menyampaikan dan mengajak khalayak untuk mendukung kesetaraan gender di mana suami sejati digambarkan sebagai suami yang bisa membantu istri dalam menjalankan tugas rumah tangga khususnya memasak dengan mengangkat tema kesetaraan gender ke dalam beberapa iklan yang mereka buat. Salah satunya adalah iklan yang diunduh oleh akun resmi Kecap ABC ke dalam akun Youtube mereka yang berjudul “Jadilah Suami Sejati Masak Bersama Kecap ABC”. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana resepsi khalayak yaitu Dominant Hegemonic Position, Negotiated Position dan Oppositional Position terhadap isi pesan pada iklan Kecap ABC versi “Jadilah Suami Sejati Masak Bersama Kecap ABC. Penelitian ini dikaji menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan analisis resepsi dari Stuart Hall. Pada penelitian ini menggunakan teknik diskusi terarah (Focus Group Discussion) dan memiliki sembilan informan utama (key) dan satu informan Triangulator. Temuan pada penelitian ini menunjukan bahwa dalam proses decoding pada kesembilan informan ditemukan dua orang dalam posisi dominant hegemonic position, empat orang dalam posisi negotiated position dan tiga orang dalam posisi oppositional position. Proses pemaknaan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor frameworks of knowledge dan relations of production.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Analisis Resepsi, Isi Pesan Iklan, Gender
Subjects: Communication Science > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Galuh Ayuenda Dinanti
Date Deposited: 01 Sep 2021 07:16
Last Modified: 01 Sep 2021 07:16
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/5376

Actions (login required)

View Item View Item