Dinanti, Galuh Ayuenda (2021) ANALISIS RESEPSI KHALAYAK TERHADAP ISI PESAN PADA IKLAN KECAP ABC VERSI "JADILAH SUAMI SEJATI MASAK BERSAMA KECAP ABC". Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (COVER)
00. Cover.pdf - Submitted Version Download (287kB) | Preview |
Text (BAB I-III)
01. Bab I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (332kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
02. Bab IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (772kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
03. Bab V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (78kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (8kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (555kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berjudul Analisis Resepsi Khalayak Terhadap Isi Pesan Pada Iklan Kecap ABC Versi “Jadilah Suami Sejati Masak Bersama Kecap ABC” diangkat berdasarkan fenomena di mana berbeda dari iklan lainnya, Kecap ABC mencoba menyampaikan dan mengajak khalayak untuk mendukung kesetaraan gender di mana suami sejati digambarkan sebagai suami yang bisa membantu istri dalam menjalankan tugas rumah tangga khususnya memasak dengan mengangkat tema kesetaraan gender ke dalam beberapa iklan yang mereka buat. Salah satunya adalah iklan yang diunduh oleh akun resmi Kecap ABC ke dalam akun Youtube mereka yang berjudul “Jadilah Suami Sejati Masak Bersama Kecap ABC”. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana resepsi khalayak yaitu Dominant Hegemonic Position, Negotiated Position dan Oppositional Position terhadap isi pesan pada iklan Kecap ABC versi “Jadilah Suami Sejati Masak Bersama Kecap ABC. Penelitian ini dikaji menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan analisis resepsi dari Stuart Hall. Pada penelitian ini menggunakan teknik diskusi terarah (Focus Group Discussion) dan memiliki sembilan informan utama (key) dan satu informan Triangulator. Temuan pada penelitian ini menunjukan bahwa dalam proses decoding pada kesembilan informan ditemukan dua orang dalam posisi dominant hegemonic position, empat orang dalam posisi negotiated position dan tiga orang dalam posisi oppositional position. Proses pemaknaan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor frameworks of knowledge dan relations of production.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Resepsi, Isi Pesan Iklan, Gender |
Subjects: | Communication Science > Marketing Communications Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Galuh Ayuenda Dinanti |
Date Deposited: | 01 Sep 2021 07:16 |
Last Modified: | 01 Sep 2021 07:16 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/5376 |
Actions (login required)
View Item |