Analisis Strategi Pemasaran Politik dalam Kampanye Media Sosial Joe Biden dan Donald Trump di Pemilihan Umum Amerika Serikat Pada Tahun 2020

Wibisono, Aura Maulina (2022) Analisis Strategi Pemasaran Politik dalam Kampanye Media Sosial Joe Biden dan Donald Trump di Pemilihan Umum Amerika Serikat Pada Tahun 2020. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
Cover.pdf - Submitted Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1 - 3] Text (BAB 1 - 3)
BAB 1 - BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (569kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengaliasis strategi pemasaran politik kedua kandidat yaitu Donald Trump dan Joe Biden pada Pemilihan Presiden Amerika Serikat pada tahun 2020 di Media Sosial. Strategi pemasaran politik kedua kandidat di berbagai platform media sosial cukup berbeda. Figur politik Donald Trump yang terkenal dengan kampanye kontroversialnya, sedangkan Joe Biden yang lebih mendekatkan diri kepada masyarakat agar dipercayai. Melalui penelitian ini, peneliti mencoba menjelaskan bagaimana strategi pemasaran politik dalam kampanye media sosial yang dilakukan oleh kandidat Joe Biden-Kamala Harris dan kandidat Donald Trump-Mike Pence pada pemilihan umum di Amerika Serikat pada tahun 2020 di media sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data studi pustaka berupa data sekunder. Teori yang digunakan untuk penelitian ini adalah teori pemasaran politik dan strategi kampanye politik. Teori pemasaran politik digunakan untuk melihat strategi pemasaran politik kedua kandidat berdasarkan 4p yaitu product, promotion, place dan price yang akan menjelaskan lebih dalam strategi kampanye kedua kandidat tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa media sosial merupakan alat yang sangat penting dalam berkampanye untuk menjangkau suara pada pemilihan umum tahun 2020 lalu di Amerika Serikat. Melalui media sosial, opini publik dapat dipengaruhi dengan adanya persepsi-persepsi baru.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Pemilu, Kampanye, Media Sosial, Joe Biden dan Donald Trump
Subjects: Communication Science > Marketing Communications
Communication Science > Political Communication
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Politik
Depositing User: Aura Maulina Wibisono
Date Deposited: 16 Aug 2022 05:53
Last Modified: 16 Aug 2022 05:53
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/6322

Actions (login required)

View Item View Item