Klasterisasi Pelanggan Menggunakan Algoritma K-Means Clustering Pada Top 5 Online Marketplace di Indonesia

Danurisa, Andara Rahma (2022) Klasterisasi Pelanggan Menggunakan Algoritma K-Means Clustering Pada Top 5 Online Marketplace di Indonesia. Tesis (S2) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of BAB I - III] Text (BAB I - III)
01. BAB I - III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (716kB)

Abstract

Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak dan Orami merupakan 5 marketplace di Indonesia yang memfokuskan pada aktivitas berbelanja menggunakan aplikasi. Jumlah kunjungan pelanggan sangat fluktuatif sehingga mengalami kesulitan untuk menentukan minat pelanggan dalam pembelian suatu produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik, mengetahui kategori produk dan kategori merchant pada top 5 online marketplace di Indonesia menggunakan algoritma K-Means Clustering. Terdapat tiga variabel yakni karakteristik pelanggan, kategori produk, dan kategori merchant. Pengolahan data dibantu dengan aplikasi SPSS V.25. Pelanggan setia marketplace Tokopedia adalah cluster 10. Selain itu, marketplace Tokopedia juga memiliki pelanggan yang loyal pada cluster 5. Pelanggan setia marketplace Shopee adalah cluster 8. Lalu, marketplace Shopee juga memiliki pelanggan yang loyal pada 6 cluster lainnya, diantaranya yaitu pada cluster 2, cluster 3, cluster 4, cluster 6, cluster 7, dan cluster 9. Pelanggan setia marketplace Lazada adalah cluster 6. Namun pada cluster 6 tersebut, marketplace Shopee masih unggul sebagai marketplace yang sering digunakan pada cluster 6. Pelanggan setia marketplace Bukalapak adalah cluster 7. Namun pada cluster 7, marketplace Shopee masih unggul sebagai marketplace yang sering digunakan pada cluster 7. Pelanggan setia marketplace Orami adalah cluster 1.

Item Type: Thesis (Tesis (S2) - )
Uncontrolled Keywords: Marketplace, Data Mining, Klasterisasi Pelanggan, Clustering, K-Means
Subjects: Management
Thesis > Thesis (S2)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Management
Depositing User: Andara Rahma Danurisa
Date Deposited: 18 Aug 2022 03:55
Last Modified: 18 Aug 2022 03:55
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/6427

Actions (login required)

View Item View Item