Analisis Pengalaman Peserta Umroh “Perjalanan Hikmah” Mengikuti Manasik Umroh Virtual Berdasarkan Perspektif Experiential Marketing

Zahwaa, Nada Nisrina (2022) Analisis Pengalaman Peserta Umroh “Perjalanan Hikmah” Mengikuti Manasik Umroh Virtual Berdasarkan Perspektif Experiential Marketing. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[img]
Preview
Text (pdf)
00 cover (1).pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I - III)
01 BAB I - III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (76kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (147kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy

Abstract

Experiential marketing adalah salah satu dari sekian banyak strategi pemasaran untuk memasarkan produk atau jasa bermerek yang menimbulkan kekhawatiran atau perasaan pelanggan dengan memberikan pengalaman tentang merek terkait. Pada tahun 2020, WHO telah menyimpulkan bahwa pandemi Covid-19 akan berubah menjadi pandemi di seluruh dunia. Dengan adanya perubahan dunia, para pelaku usaha harus berinovasi dalam memasarkan barang dan jasa yang ditawarkan dengan harapan dapat membantu menghidupkan kembali usaha yang sedang dijalani. Seperti yang dilakukan oleh salah satu brand di bidang tour & travel, Perjalanan Hikmah yang melaksanakan kegiatan manasik umroh virtual. Penelitian ini dikaji menggunakan teori experiential marketing oleh Schmitt dalam Jatmiko (2012) dan virtual reality oleh Zhang (2009). Metode penelitian ini adalah studi kasus analisis dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa dalam pendekatan yang dilakukan oleh Perjalanan Hikmah untuk membangun komunikasi kepada pelanggan melalui experiential marketing, dapat dinyatakan berhasil di mana Perjalanan Hikmah melibatkan pengalaman pelanggan untuk merasakan langsung beribadah umroh secara virtual. Kegiatan tersebut melibatkan pengalaman peserta yang melibatkan pengalaman sensorik (sense), pengalaman afektif (feel), pengalaman kognitif kreatif (think), pengalaman aktual, perilaku dan cara hidup (act), dan pengalaman karakter sosial karena menjaga asosiasi dengan pertemuan referensi atau budaya (relate). Kata Kunci: Experiential Marketing, Virtual Reality, Pandemi Covid-19, Manasik Umroh.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Experiential Marketing, Virtual Reality, Pandemi Covid-19, Manasik Umroh.
Subjects: Business > Advertising
Management > Business Plan > Business > Advertising
Marketing > Advertising

Business
Management > Business Plan > Business

Management > Business Plan
Communication Science
Management > Corporate Strategy
Communication Science > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Nada Nisrina Zahwaa
Date Deposited: 19 Aug 2022 04:32
Last Modified: 19 Aug 2022 04:32
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/6482

Actions (login required)

View Item View Item