ANALISIS KOMUNIKASI BERASA DALAM PESAN GOVERNMENTAL BRANDING (STUDI TERHADAP PENGALAMAN PERSEPTUAL KHALAYAK KONSUMEN TERKAIT TAGLINE ‘BEA CUKAI MAKIN BAIK’)

Kristanto, Septian Dawang (2022) ANALISIS KOMUNIKASI BERASA DALAM PESAN GOVERNMENTAL BRANDING (STUDI TERHADAP PENGALAMAN PERSEPTUAL KHALAYAK KONSUMEN TERKAIT TAGLINE ‘BEA CUKAI MAKIN BAIK’). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of COVER]
Preview
Text (COVER)
00 COVER.pdf

Download (310kB) | Preview
[thumbnail of BAB I - III] Text (BAB I - III)
01 BAB I - III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (986kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (485kB)

Abstract

Sebagai institusi garda depan Negara Indonesia, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) selalu berupaya berbenah untuk semakin menjadi lebih baik. Mulai dari melakukan reformasi kepabeanan dan cukai, hingga sampai memunculkan slogan (tagline) baru “Bea Cukai Makin Baik” yang menyuarakan perubahan dalam segala aspek untuk menjadi Institusi Kepabeanan terkemuka di dunia sesuai dengan Visi DJBC. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keberasaan pesan tagline “Bea Cukai Makin Baik” sebagai upaya governmental branding DJBC melalui pengalaman perseptual khalayak konsumen. Penelitian ini menggunakan paradigma interpretif, pendekatan kualitatif dengan metode penelitian fenomenologi persepsi, Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pesan tagline yang berasa akan sangat berkontribusi terhadap upaya branding pemerintah. sehingga nantinya menimbulkan partisipasi dari khalayak, membangun kepercayaan publik, dan menciptakan social engagement. Namun agar terbentuk citra yang semakin positif dan diterima oleh khalayak, desain tagline harus dirubah lebih menarik dan sesuai selera konsumen, juga dituntut konsistensi dari DJBC untuk terus berubah menjadi makin baik.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Berasa, Governmental Branding, Tagline, Persepsi, Bea Cukai
Subjects: Communication Science
Communication Science > Corporate Communication
Customer Satisfaction
Communication Science > Marketing Communications
Communication Science > Public Relations
Thesis
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Septian Dawang Kristanto
Date Deposited: 21 Aug 2022 01:46
Last Modified: 30 Aug 2022 13:40
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/6646

Actions (login required)

View Item View Item