STRATEGI KOMUNIKASI PUBLIK KEMENTERIAN PERTAHANAN DALAM MENJAGA CITRA POSITIF DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

HANA, SABRINA (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PUBLIK KEMENTERIAN PERTAHANAN DALAM MENJAGA CITRA POSITIF DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of COVER]
Preview
Text (COVER)
00. COVER.pdf - Submitted Version

Download (742kB) | Preview
[thumbnail of BAB I - III] Text (BAB I - III)
01. BAB I - III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (979kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. BAB DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (300kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05. LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (443kB)

Abstract

Salah satu tugas dan fungsi dari Badan Publik maupun Lembaga Pemerintahan adalah menyediakan informasi kepada publik secara terbuka dan akurat. Tugas dan fungsi ini bertujuan untuk mendukung Good Governance sebagai bentuk pengaplikasian dari UU Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Dalam hal ini Kementerian Pertahanan sebagai pelaksana pemerintah yang membidangi urusan pertahanan berkewajiban untuk menjaga kepercayaan publik dengan membuka akses informasi secara transparan. Namun dalam pelaksanaannya, terdapat kontradiksi terhadap pemahaman akan keterbukaan informasi publik mengingat karakteristik dari Kementerian Pertahanan yang bersifat rahasia. Sehingga tujuan dari penelitian ini berfokus untuk menggali strategi komunikasi publik yang dilakukan oleh Kementerian Pertahanan dalam menjaga citra positif di mata publik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah komunikasi publik, teori media sosial dan teori mengenai citra. Wawancara mendalam dilaksanakan dengan PJS Kasubbag Opini media internet serta di dukung oleh hasil observasi pada media sosial instagram @KemhanRI. Di dapati hasil dari penelitian ini menggambarkan strategi komunikasi publik yang digunakan oleh Kementerian Pertahanan dalam menjaga citra positif tersebut dengan menggunakan media sosial instagram sebagai media publikasi informasi serta pengolahan informasi atau jenis berita yang diinformasikan di dalam media sosial instagram.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Publik, Kementerian Pertahanan, Media Sosial, Citra
Subjects: Communication Science
Communication Science > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Hana Sabrina
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:26
Last Modified: 20 Feb 2023 09:26
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/7317

Actions (login required)

View Item View Item