ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN DAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK ENVIPRO

HENDARTO, RUDHY (2023) ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN DAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK ENVIPRO. Tesis (S2) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00.Cover.pdf - Submitted Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01..BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02..BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (646kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03.BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (11kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04.BAB DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05. LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen dan merumuskan strategi pemasaran alat pemantau limbah air EnviPro. Data diperoleh melalui angket dan wawancara terhadap empat belas pelanggan kemudian diolah dengan pendekatan kuantitatif; Indeks Kepuasan Pelanggan, Internal Factor Analysis Summary dan External Factor Analysis Summary serta pendekatan kualitatif; SWOT Analysis dan Design Thinking. Hasil perhitungan Indeks Kepuasan Pelanggan menunjukkan predikat sangat puas dengan nilai 89,39 adapun skor total IFAS dan EFAS masing-masing adalah 3,9 dan 3,8 sehingga matrix kombinasi memetakan pilihan strategi usaha yang tepat adalah kuadran I yaitu tumbuh dan membangun (growth strategy). Beberapa aspek yang perlu diperhatikan untuk mencapai kondisi product market-fit adalah; standard produk, kecepatan transmisi data, akurasi sensor, adaptasi teknologi, ketahanan produk, alternatif sumber daya, keleluasaan fitur penggunaan dan kestabilan jaringan. Berdasarkan kerangka design thinking, Envipro dapat menetapkan positioning sebagai sebuah produk yang memberikan layanan seluruh kebutuhan pelanggan (one stop monitoring service) dalam melakukan pemantauan secara mudah, akurat, waktu nyata dengan teknologi terkini. Terdapat tiga segmentasi pasar potensial yang dapat menjadi sasaran pemasaran produk yaitu; a) perusahaan pada industri pertambangan batu bara, nikel, emas, tembaga, minyak dan gas, pulp dan kertas serta kelapa sawit, b) perusahaan yang mendapatkan peringkat merah dalam penilaian PROPER, c) perusahaan yang beroperasi di wilayah yang memiliki Nilai Indeks Kualitas Air rendah.

Item Type: Thesis (Tesis (S2) - )
Uncontrolled Keywords: Alat Sparing, Pemasaran, CSI, SWOT, Design Thinking
Subjects: Environmental Science and Technology > Environmental Quality Management
Environmental Science and Technology > Environmental Protection
Environmental Science and Technology
Thesis > Thesis (S2)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Management
Depositing User: Rudhy Hendarto
Date Deposited: 28 Jul 2023 03:36
Last Modified: 28 Jul 2023 03:36
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/7798

Actions (login required)

View Item View Item