Mordecai, Martin Marius (2023) PENGARUH ULASAN ONLINE TERHADAP MINAT PEMESANAN MAKANAN ONLINE DI JAKARTA. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version Download (265kB) | Preview |
Text (BAB I - III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (169kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (310kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (82kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
04. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (115kB) | Preview |
Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (248kB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi dan smartphone, ditambah perubahan gaya hidup, telah meningkatkan popularitas pemesanan makanan online di Jakarta. Ulasan online memiliki peran penting dalam membantu konsumen memilih restoran melalui aplikasi seperti GoFood, GrabFood, dan lainnya. Penelitian sebelumnya telah mendukung adanya hubungan positif antara ulasan dan keputusan pembelian, serta pengalaman pelanggan yang lebih baik. Oleh karena itu, studi mengenai ulasan pelanggan dalam konteks pemesanan makanan online di Jakarta menjadi penting guna memahami faktor-faktor pembelian dan strategi untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Tujuan utama dari penelitian ini adalah mengidentifikasi serta menganalisis sejauh mana ulasan online dari pengguna sebelumnya mempengaruhi minat konsumen dalam melakukan pemesanan makanan secara online di Jakarta. Metode penelitian ini melibatkan analisis dampak ulasan online terhadap minat beli dalam pemesanan makanan online di Jakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner Likert kepada pengguna platform GrabFood. Analisis hubungan antara variabel dilakukan menggunakan regresi linier berganda. Populasi penelitian ini adalah pembeli makanan online di Jakarta, dengan sampel sebanyak 100 responden yang dipilih melalui metode Quota Sampling. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner, sedangkan data sekunder diperoleh dari referensi. Validitas dan reliabilitas instrumen kuesioner diuji sebelum dilanjutkan dengan pengujian statistik untuk mengevaluasi asumsi klasik. Analisis regresi linier berganda dilakukan untuk menguji dampak ulasan online terhadap minat beli, yang diukur dengan koefisien determinasi (R2). Temuan penelitian menunjukkan bahwa kegunaan ulasan online memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat pemesanan makanan (β = 0,2072), sementara keahlian dalam memberikan ulasan tidak memiliki pengaruh yang signifikan (β = -0,1363). Variabel kemutakhiran, volume, dan valensi ulasan memiliki pengaruh positif dan signifikan, sedangkan kedalaman ulasan memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan. Analisis koefisien determinasi mengindikasikan bahwa variabel-variabel independen mempengaruhi 79,73% dari variabilitas minat pemesanan, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Secara keseluruhan, temuan ini mengonfirmasi peran penting ulasan online dalam membentuk minat pemesanan makanan secara online di Jakarta. Meskipun beberapa variabel tidak memiliki pengaruh yang signifikan secara statistik, potensi implikasinya tetap relevan dalam pengambilan keputusan konsumen. Temuan ini memberikan wawasan lebih lanjut tentang dampak ulasan online terhadap minat beli konsumen dalam pemesanan makanan online.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemesanan Makanan Online, Ulasan Online, dan Dampak Ulasan pada Minat Beli |
Subjects: | Customer Behavior Customer Satisfaction Global Market Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Industri |
Depositing User: | Martin Marius Mordecai |
Date Deposited: | 05 Sep 2023 06:46 |
Last Modified: | 05 Sep 2023 06:46 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/8669 |
Actions (login required)
View Item |