Fauzi, Ahmad (2023) Pengaruh Kualitas Layanan Pengiriman Barang Pada Kepuasan Pelanggan dalam Pembelian Produk di Marketplace (Studi Kasus: Shopee Mall). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version Download (395kB) | Preview |
Text (BAB I - III)
01. BAB I - III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (129kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (93kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (78kB) | Preview |
Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (316kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan pengiriman barang terhadap tingkat kepuasan pelanggan dalam pembelian produk di platform marketplace, dengan menggunakan Shopee Mall sebagai studi kasus. Kualitas layanan pengiriman barang memiliki peran yang signifikan dalam memengaruhi pengalaman pelanggan dan persepsi mereka terhadap transaksi online. Objek penelitian ini adalah pengguna shopee mall yang berlokasi diberbagai daerah di indonesia. penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data primer dan skunder. Dalam analisis Partial Least Sequares (PLS) tedapat dua jenis sub model yaitu Inner Model dan Out Model yang berfungsi untuk menguji dan mengilustrasikan hubungan antara konstruk penelitian. pengaruh kualitas informasi, kualitas pesanan, kualitas pengiriman tidak mempengaruhi terhadap kepuasan pelanggan. sedangkan pengaruh biaya pengiriman dan layanan pelanggan berpengaruh pada layanan pelanggan.Terdapat 3 (tiga) variabel tidak mempengaruhi terhadap kepuasan pelanggan yaitu kualitas informasi (KI), Kualitas pesanan (KP), dan Kualitas pengiriman (KPG). Varibael – variabel ini tidak dapat diterima atau ditolak karena nilai dari t-statistik dan p-value tidak berada pada rentang yang diterima dengan nilai t-statistik 1,64 dan p-values lebih dari 0,5. Terdapat dua variabel yang diterima yaitu biaya pengiriman dan layanan pelanggan, hal ini dibuktukan karena nilai koefisien parameter menunjukkan arah positif, dengan nilai t-statistik 1,64 dan nilai p-values kurang dari 0,5. 1. Bagi penyedia layanan. Kualitas layanan sudah banyak terbukti mampu meningkatkan kepuasan pelanggan, Karena itu diharapkan bagi penyedia layanan untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayannnya, sehingga disarankan untuk dapat terus melakukan riset mengenai kebutuhan keinginan masyrakat dalam berbelanja online di shopee mall. Hal ini dikarenakan kebutuhan dan keinginan pengguna layanan shopee mall selalu berubah dan semakin bertambah, sehingga dengan mengetahui keinginan pelanggan yang terus berubah dan penyedia layanan mampu beradaptasi dengan keinginan tersebut. bagi Pada penelitian ini variabel yang di uji hanya terbatas pada kualitas layanan pada kepuasan pelanggan. Untuk itu peneliti selanjutnya diharapkan untuk dapat menambah variabel – variabel lain yang berhungan dengan kepuasan pelanggan. Kurangnya data yang diperoleh dalam penelitian ini sehingga memungkinkan tidak relevannya hasil penelitian ini. Untuk itu, peneliti selanjutnya diharapkan mengumpulkan data kuesioner Yang lebih memadai agar mendapatkan pemahaman lebih tentang fenomena yang diteliti. Terdapat persebaran kuesioner yang tidak merata yang dapat mengindikasikan kemungkinan bahwa responden dari suatu daerah tertentu tidak mewakili populasi secara keseluruhan. Untuk itu, peneliti selanjutnya sebaiknya menetapkan batasan yang lebih spesifik terkait penyebaran kuesioner. Waktu yang dilakukan pada penelitian ini sangat terbatas, sehingga peneliti selanjutnya disarankan untuk dapat mempertimbangka alokasi waktu yang lebih memadai agar mendapatkan pemahaman lebih mengenai topik penelitian ini
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Shopee Mall, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan |
Subjects: | Customer Behavior Customer Satisfaction Service Quality Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Industri |
Depositing User: | Ahmad Fauzi |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 03:26 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 03:26 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/8805 |
Actions (login required)
View Item |