Hardeva, Harfandhy (2023) Analisis Respon Komunikasi Krisis Bank Syariah Indonesia di Kompas.com Terkait Serangan Ransomware. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (COVER)
00. Cover.pdf - Submitted Version Download (482kB) | Preview |
Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (544kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (533kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (192kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (226kB) | Preview |
Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (494kB) | Request a copy |
Abstract
Krisis adalah persepsi mengenai peristiwa tak terduga yang mengancam harapan para pemangku kepentingan yang berhubungan dengan masalah kesehatan, lingkungan dan ekonomi, dan berdampak besar terhadap kinerja organisasi dan menghasilkan hasil yang negatif.(Coombs,2015). Server digital PT Bank Indonesia memiliki gangguan yang mengakibatkan semua aktivitas transaksi Bank syariah Indonesia memiliki gangguan sehingga para nasabah Bank Syariah Indonesia tidak bisa melakukan transaksi apapun, baik secara mobile banking, transaksi ATM, maupun teller. Dalam press release tersebut menjelaskan bahwa pihak IT dari PT Bank syariah Indonesia sedang melakukan maintenance system sebagai bentuk melakukan tindakan utama ketika mengalami gangguan jaringan yaitu mengamankan seluruh data para nasabah dan mengamankan seluruh dana para nasabah, PT Bank syariah indonesia melakukan normalisasi secara bertahap, sehingga semua data data penting perusahaan ataupun data penting para nasabah bisa terjaga aman. Pendekatam Kualitatif adalah bentuk pendekatan kualitatif analisis isi dimana peneliti harus menjelaskan secara terperinci dan membuat interpretasi tentang apa yang mereka teliti melalui menganalisis isi konten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif Analisis, karena peneliti ingin mencari tahu dan menjelaskan kondisi dan situasi lingkungan yang terjadi secara relaisits. Maka dari itu peneliti memutuskan pendektan ini menggunakan pendekatan kualitatif. nasabahnya. Berdasarkan analisi dan pembahasan yang dialami oleh Bank Syariah Indoensia Respon yang diberikan Oleh Bank Syariah Indonesia berdasarkan teori Situational crisis Communictaion Theory (SCCT) pada respon strategi Penolakan Postur respon yang dilakukan oleh BSI yaitu menolak atau menyangga informais yang tersebar yang mana berdasarakan imformasi pelaku hacker tersebut mengaku sudah mencuri data para nasabah , pernyataan hacker tersebut langsung disanggah oleh Harry Gunardi sebagai Dirut BSI beliau mengatakan nahwa data dan dana nasabah sudah diamankan ketika krisis terjadi BSI langsung memberiksn respon memberikan informasi apa saja yang harus dilakukan sehingga nasabah meras aaman dan tenang Melalui RCEO BSI Wilayah Semarang Ficko Hardowiseto Bank Syariah Indonesia menghimbau seluruh nasabah untuk tidak memberikan akses kerahasiaan seperti PIN, Kode OTP, Maupun Password kepada siappaun, termasuk pegawai, guna menghindari kejadian kejadian aneh yang tak diinginkan yang bisa merugikan nasabah itu sendiri. Respon yang diberikan oleh BSI nerupakan repson unutk meyakinkan para nasbaah untuk tetap percaya kepada Bank Syariah Indonesia. Sehingga respon itu diharapkan bisa meningkatkan rasa percaya nasbaah kepada BSI.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BSI, Bank Syariah Indonesia, Krisis, Respon Krisis |
Subjects: | Communication Science > Corporate Communication Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Harfandhy Hardeva |
Date Deposited: | 21 Nov 2023 04:30 |
Last Modified: | 21 Nov 2023 04:30 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/8839 |
Actions (login required)
View Item |