Optimasi Dimensi Web Balok Gelagar I terhadap Pembebanan Truk pada Jalan Tol Ir. Wiyoto Wiyono North-South Link

Tiffany, Adinda (2017) Optimasi Dimensi Web Balok Gelagar I terhadap Pembebanan Truk pada Jalan Tol Ir. Wiyoto Wiyono North-South Link. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
00. cover.pdf.pdf - Submitted Version

Download (806kB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
01. BAB I-III.pdf.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
02. BAB IV.pdf.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
04. Daftar pustaka.pdf.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
05. Lampiran.pdf.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (11kB)

Abstract

Jembatan jalan raya khususnya jalan bebas hambatan tol saat ini menjadi salah satu pembangunan infrastruktur utama yang diminati dalam meminimalisir kemacetan di jalan-jalan utama. Penggunaan gelagar memanjang atau sering disebut dengan I Girder menjadi salah satu material yang digunakan dalam pembangunan jembatan layang dewasa ini. Pada penerapannya Jalan Tol Ir. Wiyoto Wiyono menjadi salah satu jalan utama penghubung kendaraan dari dan menuju pelabuhan Tanjung Priok. Kendaraan bertonase berat yang setiap hari melalui jalan ini seperti truk dan truk trailer dengan panjang yang bervariasi serta beban kendaraan yang berlebih menjadi penyebab terjadinya kerusakan pada balok gelagar beton I Girder. Pada penelitian ini dilakukan analisis terhadap pola penyebaran beban kendaraan truk pada lajur kiri, kanan, tengah dan lendutan besarnya lendutan yang terjadi akibat pembebanan beban kendaraan. Optimasi dilakukan pada lebar web gelagar memanjang untuk melihat kapasitas jembatan dalam menerima beban kendaraan terhadap lendutan maksimum yang dibatasi. Dimensi aktual web 200 mm di modifikasi menjadi 150 mm dan 100 mm. Hasil analisis lendutan akibat beban kendaraan menunjukkan nilai lendutan masih dalam kapasitas jembatan L/800= 40 mm. Hasil analisis yang didapatkan jembatan dengan optimasi dimensi lebar web masih dapat menerima beban kendaraan truk.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Jembatan, jalan tol, beban kendaraan, kapasitas lendutan, gelagar beton
Subjects: Civil Engineering > Bridge Engineering
Civil Engineering
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: ADINDA TIFFANY
Date Deposited: 04 Sep 2017 11:36
Last Modified: 04 Sep 2017 11:36
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/921

Actions (login required)

View Item View Item