Analisis Kualitas Layanan Terhadap Pengguna Jasa Transportasi LRT (Light Raill Transit) Rute Dukuh Atas – Jati Mulya

Gesdianlie, Muhammad Rifo (2024) Analisis Kualitas Layanan Terhadap Pengguna Jasa Transportasi LRT (Light Raill Transit) Rute Dukuh Atas – Jati Mulya. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (703kB)
[thumbnail of BAB I - III] Text (BAB I - III)
01. BAB I - III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (13kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (216kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (931kB) | Request a copy

Abstract

Jakarta merupakan kota yang padat dengan berbagai aktivitas. Untuk mendukung kehidupan sehari-hari penduduknya, transportasi sangat penting. Banyak penduduk Jakarta menggunakan kendaraan pribadi, yang menyebabkan kemacetan terutama di daerah pusat seperti perkantoran sekolah, dan wilayah industri. Pemerintah berusaha mengatasi masalah ini dengan menyediakan lebih banyak transportasi publik atau umum. Manfaat dan tujuan utama dari penggunaan transportasi publik yaitu mengurangi kemacetan, mengurangi polusi udara, alternatif kendaraan pribadi. Untuk mengatasi semakin meningkatnya kemacetan dan semakin buruknya sistem transportasi yang ada di Kota Jakarta, maka pemerintah menggagas untuk membangun Light Rail Transit (LRT).Dengan menyediakan sistem transportasi massal yang efisien, LRT diharapkan dapat mengurangi jumlah kendaraan pribadi di jalan-jalan utama, mengurangi kemacetan, dan meningkatkan mobilitas. Oleh sebab itu, operasional LRT Jakarta ini perlu dianalisis dan ditingkatkan kinerjanya dalam pelayanan untuk masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai kinerja LRT dari persepsi pengguna jasa dan mengidentifikasi atribut mana saja yang harus diprioritaskan untuk diperbaiki dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanannya. Analisis dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian Importance Performance Analysis (IPA) dan metode Customer Satisfaction Index (CSI). Dari hasil penelitian yang didapatkan, terdapat 3 atribut yang masuk ke dalam Prioritas Utama dalam peningkatan mutu pelayanan MRT. Atribut – atribut tersebut adalah Ketersediaan ruang tunggu yang nyaman di dalam stasiun,aketersediaan fasilitas untuk penumpang prioritas,jarak dari gate ke peron dan ketersediaan asuransi atau jaminan keselamatan. Pengguna jasa LRT merasa puas terhadap fasilitas dan jasa yang diberikan oleh pihak pemberi jasa, namun masih terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan atau diperbaiki oleh pihak pemberi jasa guna untuk meningkatkan kepuasan terhadap pengguna jasa LRT fase 1 ini.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Light Rail Transit(LRT),Trasnportasi,Kepuasan pengguna jasa, Importance Performance Analysis (IPA) dan metode Customer Satisfaction Index (CSI)
Subjects: Civil Engineering > Transportation Engineering
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Muhammad Rifo Gesdianlie
Date Deposited: 12 Aug 2024 04:42
Last Modified: 12 Aug 2024 04:42
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/9762

Actions (login required)

View Item View Item