Pengaruh Kenyamanan, Kepercayaan Terhadap Pembayaran QRIS Dalam Keputusan Pembelian, dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode SEM

Armanata, Dafa (2024) Pengaruh Kenyamanan, Kepercayaan Terhadap Pembayaran QRIS Dalam Keputusan Pembelian, dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode SEM. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00 Cover.pdf - Accepted Version

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01 BAB I - III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (607kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (79kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (140kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05 Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Adaptasi di era sekarang ini membuat preferensi dan kebiasaan mayoritas masyarakat dalam melakukan transaksi pembayaran berubah secara bertahap. Penggunaan QRIS sebagai alternatif pembayaran nontunai di masyarakat merupakan hal baru dan masih menjadi kekhawatiran dalam masyarakat lantaran masih banyak yang belum paham mekanisme operasional dan kepercayaan dari penggunaannya. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kenyamanan, kepercayaan, dan keputusan pembelian terhadap kepuasan pelanggan setelah bertransaksi menggunakan QRIS. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna yang pernah menggunakan QRIS di wilayah DKI Jakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah 50 orang sebagai responden. Alat uji yang digunakan adalah SmartPLS 4.0 dengan metode analisis PLS-SEM (Partial Least Squares-Structural Equation Modelling). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis yang berpengaruh positif dan signifikan yaitu variabel kepercayaan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan beberapa variabel lainnya menunjukkan berpengaruh positif namun tidak signifikan. Diharapkan untuk peneliti selanjutnya agar menggunakan variabel lain yang memiliki pengaruh positif dan signifikan untuk menyempurnakan hasil penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Kenyamanan, Kepercayaan, Keputusan Pembelian, Kepuasaan Pelanggan, QRIS
Subjects: Management
Marketing
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Manajemen
Depositing User: Dafa Armanata
Date Deposited: 15 Aug 2024 09:46
Last Modified: 15 Aug 2024 09:46
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/9799

Actions (login required)

View Item View Item