Muhammad Alfatih, Iqbal (2024) ANALISIS KELAYAKAN IMPLEMENTASI MICROMOBILITY SEBAGAI SARANA MOBILITAS DI KAWASAN EPICENTRUM. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Text (COVER)
00. COVER.pdf.pdf - Submitted Version Download (376kB) |
|
Text (BAB I - III)
01. BAB I - III. pdf.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB IV)
02.BAB IV.pdf.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text (BAB V)
03.BAB V.pdf.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (84kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04.DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf - Submitted Version Download (74kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
05.LAMPIRAN.pdf.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Sarana transportasi berkelanjutan dan berwawasan ramah lingkungan dengan pengembangan transportasi massal, pengembangan kendaraan ramah lingkungan Non Motorized Transport (NMT). Kawasan Epicentrum belum memiliki sarana micromobility sebagai sarana penunjang selain pedestrian seperti, jalur khusus untuk pengguna micromobility dan fasilitas pendukung seperti rambu-rambu, marka jalan dan tempat parkir. implementasi micromobility sangat diperlukan untuk mencapai berbagai tujuan terutama dalam mengurangi emisi karbon di Jakarta dan agar mobilitas yang lebih efisien di Kawasan Epicentrum. analisa persepsi masyarakat dengan menggunakan kuisioner sebagai data primer yang akan disebarkan kepada responden lalu hasil dari kuisioner akan dilakukan perhitungan dengan menggunakan aplikasi SPSS statistik 22 yang bertujuan untuk mengtahui bagaimana data demografi. Untuk persepsi terkait ketersidiaan fasilitas, kenyamanan dan tingkat minat dilakukan uji validitas, uji reabilitas dan uji korelasi spearman denga pada uji validitas hasil nilai r dari setiap butir pertanyaan memenuhi kriteria validitas, pada uji reabilitas hasil Cronbach alpha dalam penelitian ini memenuhi kriteria realibel, dan yang terakhir pada uji korelasi spearman hasil dari correlation coef memiliki hubungan yang tinggi. Setelah didapatkan hasil yang memungkinkan untuk di implementasikan micromobility, output yang akan dilakukan yaitu dengan desain sketchup yang mengacu pada kondisi eksistung jalan di Kawasan Epicentrum dan pedoman pemerintah tentang ketentuan jalur sepeda serta sarana pendukung yang telah ditetapkan. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi layak untuk dilakukan apabila dilihat dari kondisi eksisting, minat menurut persepsi masyarakat dan output design skecthup.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kawasan Epicentrum, Jalur khusus, Micromobility, Skecthup Design, Persepsi Masyarakat. |
Subjects: | Civil Engineering > Public Transport Management Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Muhammad Iqbal Alfatih |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 09:55 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 09:55 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/10539 |
Actions (login required)
View Item |